Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai dan Sandeq, Kecantikan Mamuju

Kompas.com - 03/10/2015, 21:17 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

KOMPAS.com - Provinsi ini mungkin kalah tenar dengan provinsi tetangganya seperti Sulawesi Selatan, jika berbicara tentang daya tarik wisata. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui potensi wisata yang dimiliki Provinsi Sulawesi Barat.

Meski terhitung sebagai provinsi muda, namun Sulawesi Barat memiliki beberapa destinasi wisata yang tak kalah indah dengan provinsi lainnya di Sulawesi. Contohnya Kota Mamuju. Sepanjang 415 kilometer garis pantai membentang tak ayal membuat wisata pantai menjadi wisata andalan ibu kota Provinsi Sulawesi Barat ini.

Akses yang mudah dengan adanya Bandara Tampa Padang semakin membuat Kota Mamuju wajib dikunjungi jika Anda sedang melancong ke tanah Sulawesi. Berikut empat destinasi wisata andalan Kota Mamuju.

Pantai Lombang-Lombang

Berada sekitar 30 km dari pusat kota, Pantai Lombang-Lombang juga menjadi salah satu pantai andalan Kota Mamuju. Di pantai ini, terdapat pohon-pohon bakau berukuran besar dan rimbun sehingga menciptakan pemandangan yang kontras antara hijau dan birunya laut.

Beragam aktivitas dapat dilakukan di sini mulai dari bermain pasir hingga olah raga seperti voli dan sepak bola. Aktivitas lain seperti berenang dan snorkelling juga cocok di sini sebab pantai bersih dan ombak yang tak begitu besar.

Pantai Manakarra

Pantai Manakarra menjadi salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi. Pantai yang memiliki hamparan pasir hitam sepanjang 5 kilometer (km) ini dihiasi barisan pohon cemara yang berjejer di pinggir pantai. Dari tepi pantai, pengunjung bisa bersantai sembari melihat perahu nelayan yang hilir mudik.

Pemandangan menawan lain yang bisa dinikmati adalah Pulau Karampuang yang terhampar di depan mata. Tak hanya itu, kelap-kelip lampu kapal pada malam hari juga menjadi pemandangan indah yang tersaji dari pantai ini. Perjalanan ke Pantai Manakarra bisa ditempuh selama 30 menit dari Bandara Tampa Padang.

Pulau Karampuang

Jangan hanya memandang Pulau Karampuang dari Pantai Manakarra saja, para wisatawan juga bisa mengunjungi pulau ini dengan waktu tempuh 20 menit dari Kota Mamuju menggunakan  perahu motor katinting.

Pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Simboro Kepulauan ini memiliki terumbu karang dan biota laut yang bisa dinikmati dari jembatan kayu tanpa harus menyelam. Selain itu, terdapat 3 buah sumur yang dipercaya bisa memperlancar jodoh. Masing-masing sumur itu memiliki karakteristik air yang berbeda, yakni berair payau, asin, dan tawar.

Lomba Perahu Sandeq

Tak hanya terkenal dengan pesona pantainya, Mamuju juga memiliki ikon wisata lain, yakni Lomba Perahu Sandeq. Sandeq adalah perahu tradisional warisan leluhur Mandar yang berfungsi sebagai perahu penangkap ikan khas. Lomba ini sudah menjadi event pariwisata tahunan sejak 1995.

Lomba ini biasa diselenggarakan pada bulan Agustus sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan RI. Untuk melihat lomba perahu ini, dari Bandara Tampa Padang pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum menuju Pelabuhan Mamuju, sekitar 30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com