Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Babel Jadikan GMT Agenda Pariwisata 2016

Kompas.com - 04/10/2015, 12:27 WIB
PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadikan gerhana matahari total (GMT) sebagai agenda pariwisata 2016 karena minat wisatawan untuk menikmati fenomena alam langka ini tinggi.

"Gerhana matahari total diperkirakan terjadi di Maret 2016 di Kabupaten Belitung, Bangka Tengah dan kabupaten lainnya," kata Kepala Disbudpar Kepulauan Babel, K.A Tajuddin di Pangkalpinang, Jumat (2/10/2015).

Ia mengatakan fenomena alam GMT terjadi sekali dalam 40 tahun ini, merupakan momentum pemerintah daerah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan domestik ke daerah ini.

"Saat ini sudah banyak komunitas dan wisatawan yang mendaftarkan diri ke agen-agen travel dan mem-booking hotel, agar bisa berkunjung menikmati fenomena alam yang langka ini," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Tajuddin, pihaknya juga telah mempersiapkan agenda pariwisata lainnya, agar wisatawan juga bisa menikmati kebudayaan, keindahan alam dan kuliner khas daerah ini. "Para wisatawan tentu tidak hanya menikmati gerhana matahari ini, tetapi mereka juga akan menikmati keindahan alam, pantai, seni budaya dan potensi obyek wisata lainnya," ujarnya.

Menurut dia, kunjungan wisatawan ini tentu akan berdampak terhadap perkembangan wisata, usaha kecil menengah dan kesejahteraan masyarakat.

"Fenomena alam ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, sehingga dapat mengerakan perekonomian masyarakat di daerah ini," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com