Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Derawan Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 05/10/2015, 16:45 WIB
KOMPAS.com - Derawan? Mendengar nama itu, apa yang ada dibenak kalian? Pantai putih nan eksotis, air laut yang biru, atau  terumbu karang yang indah? Yuk simak lebih jauh tentang pulau ini.

Bagaimana Cara ke Derawan?

Hampir semua jalur digunakan ketika hendak menuju Pulau Derawan, masing-masing jalur terkadang memiliki alternatif lain, tentu terdapat kekurangan dan kelebihan, tinggal sesuaikan saja dengan keadaan anda. Berikut informasinya.

Jalur Udara

Bagi wisatawan yang berada di luar Kalimantan, tentu harus melaui jalur udara untuk bisa sampai ke Balikpapan, Kalimantan Timur, gerbang utama dari perjalanan menuju Pulau Derawan. Setelah tiba di Balikpapan, perjalanan memiliki dua pilihan.

BARRY KUSUMA Pulau Derawan di Kalimantan Timur.
Pertama, lewat Tarakan, kelebihannya lebih murah dan banyak pilihan penerbangannya. Namun akan memakan waktu lama pada saat penyeberangan menuju Pulau Derawan dan harus menyewa speed boat. Jalur ini cocok bagi anda yang pergi bersama rombongan.

BARRY KUSUMA Berenang di Pulau Derawan, Kalimantan Timur.
Kedua, lewat Berau, banyak tersedia mobil travel yang siap mengantarkan ke Tanjung Batu dan speed boat penyeberangan umum ke Pulau Derawan mudah didapatkan. Lewat Berau lebih cocok bagi solo traveler.

Maskapai penerbangan yang dapat dijadikan pilihan menuju Balikpapan adalah Garuda Air, Sriwijaya Air, Wings Air, Kalstar.

Jalur Darat

Jalur Darat biasanya digunakan oleh wisatawan yang masih dalam wilayah Pulau Kalimantan. Dapat ditempuh menggunakan bus atau mobil travel. Rutenya sebagai berikut: Palangkaraya - Banjarmasin - Balikpapan - Samarinda - Tanjung Redeb - Tanjung Batu - Pulau Derawan.

Hotel & Resort

Selama di Pulau Derawan, anda tidak perlu khawatir dengan tempat menginap, karena terdiri beberapa pulau yang  terdapat di sekitar Pulau Derawan maka banyak masyarakat yang menyediakan tempat penginapan, hotel atau resort. Beberapa di antaranya yaitu: Maratua Paradise Resort, Sari Cottage Derawan, Penginapan Ilham, Mirroliz Pelangi Cottage, serta home stay yang disediakan masyarakat sekitar.

BARRY KUSUMA Pulau Derawan di Kalimantan Timur.
Obyek dan Kegiatan Wisata

Pulau Derawan menawarkan berbagai obyek menarik yang mungkin tidak dijumpai dilain tempat. Keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya sudah tidak diragukan lagi.

Keberadaan 1.051 spesies ikan yang terdapat di perairan laut dengan jenis dominan Gobes (Gobiidae), Wrasses (Labridae), dan Damselfishes (Pomacentridae) serta berbagai jenis terumbu karang membuat wisatawan yang berkunjung ke sini selalu menyempatkan untuk melakukan diving dan snorkeling. Bagi anda para penyelam, di pulau ini terdapat beberapa Dive Centre dengan peralatan yang lengkap.

Terkadang beberapa ikan seperti ikan pari biru (Manta Rays) yang memiliki lebar mencapai 3,5 - 6 meter, paus, lumba-lumba dan beraneka ragam spesies ikan karang dapat kita saksikan secara langsung. Hewan penyu juga mudah dijumpai karena di pantai Derawan menjadi tempat bagi para penyu singgah dan bertelur.

Jika ingin mengelilingi Pulau Derawan, cukup berjalan kaki sambil berinteraksi dengan warga sekitar tentu hal yang menyenangkan yang bisa anda lakukan.

Untuk mengunjungi pulau-pulau lain di sekitar Pulau Derawan, anda bisa menyewa speed boat sesuai dengan kapasitas orang, speed boat dengan muatan 3-4 orang harga sewanya sekitar Rp 1.500.000 - Rp 2.000.000 sedangkan speed boat kapasitas 6-12 sekitar Rp 8.000.000 - Rp 10.000.000.

BARRY KUSUMA Pulau Derawan di Kalimantan Timur.
Tips berwisata

1. Sebelum berangkat, sarapan terlebih dahulu karena perjalanan menuju pulau Derawan cukup lama dan harus berganti-ganti alat transportasi.
2. Bagi yang sering mabuk laut, minumlah obat anti mabuk karena gelombang laut saat penyeberangan cukup besar.
3. Lakukan negosiasi harga ketika ingin menyewa speed boat, hal ini bisa menghemat biaya pengeluaran selama berwisata. Jika anda beruntung, anda bisa mendapatkan harga sewa lebih murah.
4. Gunakan sunblock.
5. Jika ingin melakukan snorkeling, pilihlah waktu pagi atau sore hari, karena pada waktu ini air laut sedang surut dan sinar matahari tidak terlalu panas.
6. Jika ingin melihat penyu bertelur, keluarlah pada malam hari atau dini hari. (BARRY KUSUMA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com