Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 "Yacht" dari 15 Negara Ramaikan Festival Selat Karimata 2015

Kompas.com - 06/10/2015, 14:54 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Festival Karimata 2015 yang merupakan salah satu bentuk persiapan Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat, menuju penyelenggaraan Sail Selat Karimata 2016, akan dihelat 17-22 Oktober 2015. Kepastian penyelenggaraan ini disampaikan Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid, di Sukadana, Selasa (6/10/205).

Beberapa lokasi di sejumlah titik di Kepulauan Karimata, Kecamatan Kepulauan Karimata, itu nantinya akan menjadi lokasi utama kegiatan bertaraf internasional tersebut. ”Ini semacam try out bagi kami, pemerintah kabupaten maupun masyarakat KKU menyambut Sail Selat Karimata tahun 2016 mendatang,” papar Hildi.

Festival yang baru pertama kali diselenggarakan oleh KKU ini, menurut Hildi, akan menjadi sepesial karena bertepatan dengan momen datangnya 40-an yacht (kapal layar) dari 15 negara peserta Wonderful Sail2Indonesia 2015 di perairan Karimata.

“Tahun ini, Pulau Karimata untuk kali pertama akan menjadi titik singgah para yachter. Nantinya mereka tidak hanya lewat seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi akan berinteraksi dan bergabung dalam rangkaian kegiatan Festival Karimata 2015,” katanya.

Executive Director Yayasan Cinta Bahari Antar Nusa, Raymond Lesman, mengatakan, para pengelana samudera itu, sejak dilepas dari titik start di Darwin (Australia) Juli lalu, berkeliling perairan Indonesia selama tiga bulan dan berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan di setiap titik singgah.

Beberapa titik sudah mereka singgahi, seperti Pulau Alor, Timor, Banda, Lembata, Wakatobi, Flores, Bali, beberapa titik di Pulau Sulawesi dan Karimun Jawa. Pada Oktober ini akan berada Kumai, Kalimantan Tengah, Ketapang dan Kepulauan Karimata di Kalimantan Barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com