Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultra Gencar Promosikan Destinasi Wisata dan Budaya

Kompas.com - 09/10/2015, 12:30 WIB
KENDARI, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara gencar mempromosikan potensi pariwisata budaya yang ada di daerah itu.

"Banyak pariwisata budaya yang memiliki daya tarik dan bisa menarik wisatawan berkunjung ke daerah ini," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra, Zainal Koedoes, di Kendari, Jumat (9/10/2015).

Ia menyebutkan beberapa obyek wisata yang layak jual untuk dipromosikan secara global, adalah obyek wisata budaya Benteng Keraton Buton yang dikenal sebagai benteng terluas di dunia.

Selain itu, menurut Zainal, masih ada atraksi layang-layang raksasa di Muna, perkelahian kuda di Muna Barat, Goa Liang Kabori di Muna, goa prasejarah di Konawe Utara, sungai terpendek di dunia di Kolaka yakni Sungai Tamborasi dan beberapa obyek wisata lainnya.

KOMPAS/SUSI IVVATY Wisatawan mancanegara mengikuti acara makan bersama pekande-kandea di Keraton Buton, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, akhir Mei 2015. Dalam tradisi makan khas suku Buton ini, para tamu disuapi oleh gadis-gadis yang belum menikah sambil berpantun.
"Kerja sama yang perlu kita gandengkan dengan pemerintah kabupaten kota adalah dukungann fasilitas pada obyek wisata tersebut yang harus dilakukan oleh kabupaten kota, kemudian provinsi yang menjual ke masyarakat dunia," katanya.

Promosi wisata budaya tersebut dilakukan dengan menggelar berbagai kegiatan dan melibatkan beberapa lembaga terkait.

"Upaya lainnya, yakni menjalin koordinasi dengan biro perjalanan wisata dari berbagai kota pariwisata di Indonesia, agar menjadikan Sultra bagian dari paket wisata budaya yang dikunjungi," kata Zainal Koedoes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com