Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips “Icip-Icip” Sehat di Festival Kuliner ala Bondan

Kompas.com - 12/10/2015, 08:22 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan bahkan ratusan pilihan makanan di festival kuliner seringkali menggoda. Ada saja keinginan untuk mencicipi sebanyak mungkin makanan tanpa tahu apakah akan berbahaya bagi kesehatan atau tidak. Untuk menghindari hal ini, pakar kuliner Bondan Winarno memberikan tips tetap sehat meski banyak mencoba ragam makanan di sebuah festival kuliner.

“Ini agak sulit dibicarakan, tapi intinya satu, know what you eat,” kata Bondan saat diwawancara KompasTravel usai Talkshow Kuliner – Mengembalikan Citra Kuliner Nusantara ke Hotel Berbintang yang diadakan  Parador Hotel & Resort di Senayan City, Sabtu (10/10/2015).

“Know what you eat” terdiri dari dua hal, yakni:

Pahami Perihal Gizi dalam Makanan

Menurut Bondan, untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah memahami ilmu perihal gizi. Ia menyayangkan sekolah-sekolah tak memberikan pendidikan gizi sejak dini pada siswa.

“Akibatnya apa? Kita nomor empat penderita diabetes tertinggi di dunia kan,” terangnya.

Bondan menyarankan pengunjung sebelum melakukan ‘icip-icip’ di festival kuliner untuk memahami kandungan apa yang ia makan. Ia menyarankan pengunjung melakukan riset terlebih dahulu.

“Harus dari kitanya yang melakukan itu ya,” sambungnya.

TRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI Entok Slenget Kang Tanir
Jaga Pola Makan di Luar Festival Kuliner

Hal kedua yang dapat dilakukan adalah menjaga pola makan di luar festival kuliner. Menurut Bondan jika ingin mencoba banyak makanan, maka harus mempersiapkan diri terlebih dahulu.

“Saya misalnya, kalau di luar semua saya makan, saya tidak mau ‘jaim’ ya, tapi di rumah saya ketat sekali,” terangnya.

Bondan sendiri tidak mengonsumsi gula dan nasi putih di rumah atau dalam kesehariannya. Meski di luar ia tampak memakan dan mencoba apa saja, tapi ia mengaku tak melakukan itu setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com