Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segarnya Es Pala di Bogor, Usaha Kaki Lima Sejak 1943

Kompas.com - 30/10/2015, 12:38 WIB
KOMPAS.com - Cuaca panas, paling cocok minum yang segar-segar, misalnya es pala. Es pala yang berada di Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor ini, wajib dicicipi saat tenggorokan Anda rasa mulai kering.

Serutan buah pala yang rasanya asam, disajikan dengan air gula dan es batu ini menambah kenikmatan siang Anda. Lapak sederhana yang bertahan sejak tahun 1943 ini, sudah melewati tiga generasi.

"Dulu itu awalnya dari kakek saya, kemudian bapak saya, baru sekarang ini ke saya. Sudah sekitar 72 tahun, dari zamannya masih bemo," kata Aisyah, penjual es pala kepada TribunnewsBogor.com.

es pala
Kedai ini selalu ramai didatangi pembeli pada siang hari. (Tribunnewsbogor/Vivi Febrianti)
Dulu, kata dia, ayahnya memiliki tiga cabang Es Pala di Bogor. Namun kemudian gulung tikar dan akhirnya hanya bertahan satu lapak di Gang Aut.

"Dulu saya jualan di Tanah Abang Jakarta, tapi setelah Bapak saya meninggal, saya pindah ke sini gantikan Bapak," ujarnya.

Selain es pala, Aisyah juga menyediakan minuman lainnya seperti es jeruk, es mangga, dan es kelapa. "Kalau mangga kan musiman, kalau sudah nggak musim biasanya diganti dengan buah kemang," jelasnya.

es pala

Es Pala Bu Aisyah, bisa disajikan dengan kombinasi, seperti es pala campur mangga, es pala campur kelapa, dan es pala campur sirsak.

"Di sini paling banyak biasanya es pala campur kelapa dan es pala campur mangga," ujarnya.

Satu gelas Es Pala, harga yang ditawarkan cukup murah, yakni Rp 5.000 saja. Untuk mencapai Es Pala Bu Aisyah, bisa melewati Jalan Suryakencana, kemudian belok kanan di simpang Gang Aut. Dari Gang Aut, masuk sedikit ke dalam sekitar tujuh meter, dan lokasinya berada di samping kiri jalan. (TribunnewsBogor.com, Vivi Febrianti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com