Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hawaii-nya Indonesia Ada di Kebumen"

Kompas.com - 30/10/2015, 19:03 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Pantai-pantai baru yang dibuka dari lahan Perhutani di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah mempunyai potensi wisata yang luar biasa. Pemerintah menyebut pantai yang dibuka sebagai "Hawaii-nya Indonesia".

Bupati Kebumen M Arief Irwanto mengatakan, garis pantai selatan yang panjang membujur di wilayah Kabupaten Cilacap hingga Purworejo menyumbang destinasi wisata alam bagi Kebumen. Garis pantai yang panjang, pasirnya yang eksotis, hingga panorama alamnya yang belum terjamah.

"Pantai Maganti ini kayak Hawai. Indah, dan ini sudah dibuka," kata Arief, Jumat (30/10/2015).

Hanya saja, kata Arif, perbaikan infrastruktur wisata belum terbangun dengan baik. Ia menyebut, akses jalan misalnya masih banyak yang rusak. Sehingga hal tersebut butuh perbaikan.

"Obyek wisata ini memang baru dibuka. Aksesnya masih sulit. Saya ingin Kades ke pantai ini agar bisa tahu, biar nanti bisa ikut mempromosikan, dan jalannya mulus," tambah Arif.

Ada beberapa pantai baru yang dibuka, melengkapi pantai-pantai lama. Sejumlah pantai di Kebumen misalnya yang populer, Pantai Karang Bolong, Pantai Menganti, Pantai Ayah, Pantai Pecaron, Pantai Pasir.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap agar potensi daerah bisa dimunculkan sebaik-baiknya. Ia pun berjanji pada 2016, anggaran pembangunan infrastruktur diarahkan untuk akses menuju wisata.

"Untuk membangun wilayah, kita sangat butuh investor. Tahun depan, infrastruktur untuk sektor pariwisata," timpal Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga meminta agar warga setempat menyiapkan fasilitas penunjang pariwisata. Ia ingin keindahan, kebersihan serta kuliner khas daerah setempat bisa terus dijaga.

"Saya ingin, ketika orang lihat pantai, bisa nikmati kuliner. Itu yang sangat luar biasa. Potensi harus dikembangkan," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com