Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bencana Alam, Kemenpar Kembalikan Target Wisman Jadi 10 Juta

Kompas.com - 11/11/2015, 17:18 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bencana alam yakni letusan Gunung Raung menjadi alasan Kementerian Pariwisatan (Kemenpar) turunkan target jumlah wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2015. Sebelumnya, target kunjungan wisman Kementerian Pariwisata pada tahun 2015 yakni 12 juta dan turun menjadi 10 juta orang.

"Target 12 juta (wisman) itu target optimis. Memang terjadi karena letusan gunung," kata Assisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Ratna Suranti dalam Diskusi Strategis "Satu Tahun Wonderful Indonesia-Pesona Indonesia & Tantangan" di Philip Kotler Theatre, MarkPlus Main Kampus, Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Dengan kejadian bencana alam letusan gunung tersebut, lanjutnya, berpengaruh pada penurunan kunjungan wisatawan mancanegara karena penutupan bandara dan pembatalan penerbangan. Ia mengatakan jumlah wisman yang hilang akibat bencana tersebut berasal dari Bali.

"Pariwisata yang hilang dari Bali. Sekian penerbangan tidak jadi berangkat," jelasnya.

AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKA Para penumpang menumpuk di terminal penumpang Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, menunggu informasi penerbangan yang tertunda akibat letusan Gunung Raung di Jawa Timur, 10 Juli 2015.
Dengan evaluasi keadaan tersebut, Ratna mengatakan pihak Kemenpar kemudian mengambil target kunjungan wisman semula yaitu sebesar 10 juta orang. Ia menyebutkan ketika itu kunjungan wisatawan Australia dan Eropa ke Bali terus turun.

"Yang kami belum bisa hindari adalah alam. Kita bikin crisis center untuk antisipasi (bencana alam)," tambahnya.

Anggota Komisi X DPR RI, Jefri Riwu Kore menambahkan penurunan jumlah kunjungan wisman tersebut telah dikomunikasikan dengan para anggota dewan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Ia mengatakan Arief telah mengatakan kemungkinan penurunan jumlah wisman.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata, Arief Yahya pada Maret 2015 lalu menargetkan angka kunjungan wisman pada tahun 2015 adalah 12 juta wisman. Saat itu, ia mengatakan target tersebut cukup tinggi tetapi tak mustahil untuk diraih.

Penutupan Bandara Ngurah Rai selama empat hari pada pertengahan Juli 2015 atau sebelum Lebaran akibat erupsi Gunung Raung, berimbas pada pembatalan 74 ribu wisman yang rencananya akan melakukan kunjungan ke Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com