Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Staycation", Cara Hemat dan Seru Menikmati Liburan

Kompas.com - 15/11/2015, 15:05 WIB

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa ada cara hemat dan seru untuk menikmati liburan? Namanya staycation. Istilah ini merupakan gabungan dari kata "stay" dan "vacation".

Artinya liburan tetapi tinggal di rumah atau kita berlibur ke tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Bisa itu dilakukan di dalam kota atau sedikit ke pinggiran.

Juga bisa jadi dilakukan dalam satu hari. Satu hal yang pasti, kita dengan mudah bisa kembali ke rumah pada hari yang sama.

1. Tidak ada rutinitas

Jika waktu dan uang terbatas, staycation cocok dilakukan. Sebaiknya kita membuat daftar apa saja yang akan kita kerjakan setiap hari saat staycation ini. Intinya lakukan di luar kebiasaan sehari-hari.

2. Bersantai di dalam kota

Staycation juga bisa dilakukan di luar rumah. Syaratnya lokasi yang kita datangi masih dalam kota atau tidak terlalu jauh.

Kita bisa berangkat pagi dan pulang pada malam hari. Dengan lokasi yang tidak terlalu jauh ini dipastikan kita tidak membutuhkan banyak uang. Kalau mau lebih hemat lagi, bawa bekal makanan dari rumah.

3. Menjelajahi tempat liburan

Staycation juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Tantang diri sendiri untuk menjelajahi daerah yang belum kita datangi sebelumnya.

Sesuai dengan konsep liburan jarak dekat, cari tempat di pinggir kota yang mudah dijangkau untuk tempat melakukan staycation. (Kawanku)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com