Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu "Free Tax" di Akihabara

Kompas.com - 21/11/2015, 08:04 WIB
Ana Shofiana Syatiri

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Bagi para wisatawan asing di Jepang, Akihabara seperti tempat yang wajib dikunjungi. Di sana, mereka bisa berburu barang bebas pajak atau free tax, yang biasanya hanya bisa didapatkan di bandara internasional.

Akihabara berada di distrik Chiyoda ward, Tokyo, Jepang. Untuk menuju ke sana, bisa menumpang kereta menuju Stasiun Akihabara.

Di stasiun itu, perhatikan petunjuk jalan bertuliskan "Akihabara Electronic Town" atau dalam bahasa Jepang Akihabara Denki Gai.

Syukurnya, di sana papan petunjuk sangat membantu. Tentu saja tak lupa bantuan super helpful dari google map pada handphone.

Keluar dari stasiun, setelah mengikuti petunjuk tersebut, akan terlihat bangunan-bangunan yang rata-rata setinggi enam hingga 10 tingkat.

Di depan gedung-gedung tersebut berjejer barang dagangan untuk menarik pengunjung. Tidak terlupa terpajang tulisan "FREE TAX" dalam ukuran besar-besar.

Selain itu, di setiap gedung terpajang reklame gambar-gambar anime atau manga dalam ukuran "raksasa" atau nyaris menutupi badan gedung. Reklame-reklame itu menambah meriah kawasan belanja tersebut.

Buat pecinta komik, video games, gadget, dan komputer, kawasan Akihabara bagaikan "surga". Harga miring, semua barang keren pun ada.

KOMPAS.com/Ana Shofiana Syatiri Toko sex toys di Akihabara.
Ada juga, hmmm... toko sex toys. Di depan toko ada peringatan hanya yang berusia 18 tahun ke atas yang diperbolehkan masuk. Barang-barang yang dijual, tentu saja tak perlu diceritakan di sini, he-he-he...

Di dalam toko, pengunjung dilarang mengambil gambar. Khusus wanita, dilarang naik ke lantai 3 dan 4. Sebab di lantai tersebut merupakan bagian alat-alat pria.

Kembali ke toko-toko di kawasan tersebut, banyak orang tampak wara-wiri berkunjung dari toko satu ke toko lainnya. Tentu saja, itu dilakukan untuk membandingkan harga.

Jika pintar melihat-lihat, wisawatan yang berniat belanja bisa mendapatkan harga miring, bukan sekadar free tax.

Misalnya di salah satu toko yang menjual jam Casio. Kisaran harganya untuk jenis G-Shock antara 12.000 yen hingga 90.000 yen. Sementara di toko lainnya, menjual jam serupa dengan diskon 30 persen, plus bebas pajak sebesar 8 persen untuk pembelian di atas 10.000 yen untuk barang elektronik, dan 5.000+1 yen untuk makanan kecil seperti cokelat KitKat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com