Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Purbalingga Promosikan Desa Wisata

Kompas.com - 24/11/2015, 13:42 WIB
PURBALINGGA, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga, Jawa Tengah, memromosikan potensi desa wisata melalui kegiatan "Fam Trip" guna lebih mengenal destinasi setempat.

"Kegiatan yang kami gelar sebenarnya berupa 'travel market' yang dikemas dalam bentuk 'Familiarization Trip' atau 'Fam-Trip'. Kami mengundang 30 peserta dari berbagai biro wisata," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Kabupaten Purbalingga, Prayitno di Purbalingga, Senin (23/11/2015).

Menurut dia, kegiatan yang akan digelar pada tanggal 28-29 Oktober itu dimulai dari Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuranmas, Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara.

Di tempat itu, menurut Prayitno, peserta melakukan registrasi sambil menikmati wahana baru TWP Purbasari Pancuranmas berupa Planetaquarium Toyosuka sebelum mengikuti pertemuan teknis kegiatan di Owabong Cottage (obyek wisata air Bojongsari).

Setelah pertemuan teknis kegiatan, lanjut Prayitno, seluruh peserta akan diajak menuju Desa Serang, Kecamatan Karangreja, untuk menikmati keindahan desa wisata di lereng timur Gunung Slamet itu.

"Usai menikmati keindahan agrowisata Desa Serang, seluruh peserta akan dibawa menuju Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, untuk menyaksikan berbagai kesenian daerah serta beristirahat di 'homestay," katanya.

TRIBUNJATENG.COM/FAJAR EKO NUGROHO Desa Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jateng, memiliki sedikitnya enam curug atau air terjun.
Keesokan harinya, seluruh peserta diajak menuju destinasi wisata Wana Tirta serta menyaksikan seni Dayakan di tempat itu yang dilanjutkan dengan eksplorasi Curug Pesantren dan mengenal peninggalan purba Watu Dandang.

Ia mengatakan bahwa perjalanan akan dilanjutkan menuju destinasi wisata religi Ardi Lawet guna mengenal sejarah petilasan Syech Jambu Karang.

Sebelum kembali ke Owabong Cottage, peserta akan diajak singgah di Kedung Pingit untuk menyaksikan panorama alam dan berbagai kerajinan khas desa.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, berbagai potensi yang dimiliki desa wisata dapat terangkat dan dipromosikan sehingga akan banyak wisatawan yang tertarik untuk datang berkunjung," kata Prayitno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com