Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Wonosobo Minta Penataan Wisata Dieng

Kompas.com - 24/11/2015, 14:37 WIB
WONOSOBO, KOMPAS.com - Penjabat Bupati Wonosobo, Jawa Tengah, Satriyo Hidayat, mengatakan Kecamatan Kejajar diminta lebih proaktif menata Dataran Tinggi Dieng.

Satriyo di Wonosobo, Senin (23/11/2015), mengatakan penataan sektor pariwisata selain menjadi kewenangan Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, selayaknya juga dipikirkan oleh pihak kecamatan.

"Bagaimanapun juga, Dataran Tinggi Dieng sebagai destinasi wisata utama kelas nasional seharusnya mempunyai standar baku, termasuk mengenai tarif masuk obyek wisata maupun penginapannya," katanya saat mengunjungi Kecamatan Kejajar.

Satriyo menyampaikan hal tersebut karena ada keluhan beberapa pengunjung obyek wisata di Dieng yang merasa tidak puas setelah berkunjung dan memesan penginapan.

Satriyo mencontohkan ada wisatawan yang memesan penginapan di salah satu homestay dengan harga yang disepakati Rp 300.000. Namun setelah di lokasi tarif tersebut berubah menjadi Rp 500.000.

BARRY KUSUMA Bukit Sikunir Dieng di Jawa Tengah.
Menurut dia, hal itu tidak positif bagi pengembangan pariwisata Dieng ke depan. Semua pihak perlu duduk bersama agar di masa mendatang hal-hal kurang positif tersebut tidak terjadi lagi.

"Kedatangan saya ke Kecamatan Kejajar dan Kecamatan Garung adalah demi melakukan pemetaan permasalahan yang ada di wilayah, agar nantinya bisa kami sinkronkan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten," kata Satriyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com