Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korean Wave Berhasil Promosikan Budaya Korea

Kompas.com - 26/11/2015, 08:41 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Korean Wave dianggap telah berhasil mempromosikan budaya negara Korea di Indonesia. Bentuk-bentuk Korean Wave yakni tayangan drama Korea dan tentunya K-Pop berupa lagu hingga fashion.

“Di kalangan remaja, budaya K-Pop telah digandrungi remaja dan musik Korea juga disukai,” kata Ketua Komisi Penyiaran Indonesia, Judhariksawan dalam sambutan acara Seminar “Cultural Exchange in Broadcasting between Indonesia and Korea 2015” di The Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan, Rabu (25/11/2015).

Ia mengatakan jika upaya mengenalkan budaya yang dilakukan oleh Korea lewat tayangan tersebut merupakan langkah strategis yang telah dilakukan.

Judhariksawan menyebutkan banyak program-program Korea yang ditayangkan di Indonesia.

“Harapannya, dengan keberhasilan K-Pop kita bisa belajar tentang strategi (mempromosikan) budaya K-Pop,” ungkapnya.

Akademisi dari Hallym University, Kim Shindong menjelaskan jika Korean Wave telah meninggalkan kesan di Asia Tenggara seperti Indonesia.

Ia mengatakan pada dasarnya Korean Wave memberikan kesempatan bagi para penonton Indonesia untuk melihat pandangan umum tentang budaya Korea.

Promosi-promosi budaya Korea tersebut dirasakan jelas oleh masyarakat Indonesia. Dalam hasil disertasinya, Ketua Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Shuri Mariasih Gietty Tambunan mengatakan nilai-nilai yang diadopsi dalam drama Korea seperti kerja keras dan menghargai orang tua.

“Populernya budaya Korea di Indonesia tak lepas dari peran media sosial seperti Facebook. Mereka berbicara tentang drama Korea,” jelasnya.

AFP PHOTO / ED JONES Warga melintas di kawasan kelas atas Garuso-gil, Gangnam di Seoul, 29 Agustus 2015. Seoul kini menjadi jendela baru fashion di Asia. Perusahaan-perusahaan mewah top dunia tumbuh seiring dengan budaya pop Korea Selatan yang kian tren.
Korean Wave telah hadir sejak 10 tahun lalu sebagai jawaban atas permintaan drama Korea seperti Jewel in the Palace yang meningkat di Asia Tenggara.

Chairman The Fondation of Broadcast Coulture, Koh Young-Jo mengatakan sangat bangga atas fakta konten-konten Korea seperti drama dan K-Pop populer di Indonesia dengan baik.

“Kita berharap dengan seminar ini, kerja sama antar Indonesia dan Korea bisa lebih meningkat,” ucapnya.

Adapun serial-serial drama Korea yang pernah tayang di Indonesia adalah Love to Kill, Boys Before Flower, Autumn in My Heart, Bad Guy, dan drama Korea lain.

Di dalam serial drama tersebut mengambil tempat-tempat yang berlatar tempat di Korea seperti Seoul, Pulau Jeju, Pulau Nami, Busan, dan kota-kota lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com