Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Lebih Baik Dibanding Malaysia

Kompas.com - 04/12/2015, 08:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Situasi ekonomi global yang tidak menentu mempengaruhi industri pariwisata di seluruh kawasan mancanegara, termasuk di kawasan Asia Tenggara.

Pertumbuhan pariwisata di sejumlah negara anggota ASEAN pada tiga kuartal tahun ini masih negatif. Pariwisata Thailand tercatat mengalami pertumbuhan paling tinggi, meski pada enam bulan pertama sebelumnya sempat mengalami pertumbuhan negatif.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya seperti termuat dalam siaran pers, menjelaskan bahwa pertumbuhan pariwisata Indonesia pada Januari-Oktober 2015 sebesar 3,38 persen masih  lebih baik dibandingkan Malaysia yang pada Januari-Juni 2015 tumbuh negatif -9,4 persen.

Begitu pula Indonesia masih lebih baik dibandingkan dengan Singapura yang pada Januari-September 2015 tumbuh negatif -0,3 persen dan Vietnam pada Januari-Oktober 2015 tumbuh negatif -4,1 persen.

“Sedangkan pariwisata Thailand mengalami pertumbuhan paling tinggi pada Januari-Oktober 2015 mencapai  24,7%,” kata Arief. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com