Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Bali Utara Tak Kalah Menarik Dibanding Bali Selatan

Kompas.com - 08/12/2015, 18:08 WIB
SINGARAJA, KOMPAS.com -Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Buleleng, Bali mengintensifkan promosi pariwisata dalam negeri sebagai salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan domestik ke daerah itu.

"Kami berupaya memaksimalkan promosi turut serta terlibat dalam berbagai kegiatan pameran budaya di beberapa daerah di tanah air," kata Kadisbudpar Buleleng, Gede Suyasa di Singaraja, Selasa (8/12/2015).

Ia menjelaskan, potensi wisatawan domestik ke Bali bagian utara cukup baik jika merujuk analisis sementara jumlah wisatawan berkunjung ke beberapa destinasi pariwisata di kabupaten terluas di Pulau Dewata itu.

Ia berpendapat, pihaknya menilai potensi pariwisata di Buleleng memiliki nilai jual tinggi, khususnya pariwisata bertema alam, religi, budaya dan hal tersebut menjadi salah satu daya tarik kalangan wisatawan domestik.

Dikatakan, hal itu perlu dikemas menarik, didukung peran masyarakat dan pemandu wisata. Daya Tarik Wisata (DTW) di Bali utara, tidak kalah menariknya dengan di Bali Selatan.

Disbudpar Buleleng, kata dia, kini tengah merancang promosi khusus di dalam negeri, meski belum menyentuh ke tingkat kawasan di luar negeri.

"Tapi kami fokus dahulu lakukan di dalam negeri, setahun sebanyak tiga kali, terakhir kami telah lakukan dua kali di Yogjakarta dan kegiatan Buleleng Bali Dive Festival (BBDF) Pemuteran," ujar Suyasa.

Selain itu, ia mengatakan, peningkatan pariwisata salah satunya dapat dilakukan melalui promosi berupa brosur-brosur berisi tulisan dan gambaran DTW melibatkan berbagai pelaku pariwisata dan agen travel di Bali.

Sementara itu, untuk target secara umum, kata dia, pada 2016 pihaknya menargetkan sebanyak 650.000 kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara.

Ia berharap meski konsentrasi meningkatkan pariwisata berada di dalam negeri, tidak mengurangi kunjungan wisatawan. Hanya saja, target kunjungan realistis dicanangkan tetap memperhatikan jumlah anggaran dimiliki Pemkab Buleleng.

"Kami memang tidak punya anggaran untuk promosi pariwisata ke luar negeri, tetapi tahun depan juga belum memprogramkan itu. Cuman promosi mandiri baru dilakukan dan akan ditingkatkan intensitasnya," demikian Suyasa. (Antara/Andi Purnomo dan Rhismawati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com