Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Baru Jetstar Diharapkan Dongkrak Pariwisata Riau

Kompas.com - 10/12/2015, 18:19 WIB
PEKANBARU, KOMPAS.com - Rute baru maskapai penerbangan Jetstar Asia yakni Singapura-Pekanbaru sebanyak tiga kali sepekan diyakini bakal mampu mendongkrak kinerja pariwisata di Provinsi Riau.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Pekanbaru, Kamis (10/12/2015), mengatakan, kemajuan sebuah destinasi sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor dan salah satu di antaranya adalah konektivitas.

"Khusus untuk Indonesia sekitar 80 persen wisatawan masuk melalui pintu udara oleh karena itu Kemenpar sangat mengapresiasi adanya layanan baru yang dibuka oleh Jetstar yang menghubungkan Singapura dengan Pekanbaru," kata Pitana.

Pitana menegaskan, bagi Indonesia, Singapura menempati posisi penting sebagai pasar utama pariwisata yang pada 2014 memberikan kontribusi 1,6 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan diharapkan akan naik terus pada masa yang akan datang.

Apalagi, lanjut Pitana, pendatang dari Singapura diharapkan bukan saja merupakan warga negara itu melainkan para ekspatriat yang tinggal di negara tersebut berikut wisatawan yang berkunjung ke Singapura dan memperpanjang masa tinggalnya untuk menyeberang ke Indonesia.

"Kegembiraan ini semakin bertambah karena jalur yang dibuka menghubungkan Singapura dengan sebuah destinasi yang telatif baru di Indonesia yakni Riau yang sejalan dengan misi Kemenpar untuk menghubungkan Singapura dengan daerah-daerah di luar Bali atau membuat Bali-Bali di luar Bali," katanya.

Mirror Maskapai penerbangan Jetstar.
Menurut Pitana, dengan adanya penerbangan dari Singapura ke Pekanbaru diharapkan pariwisata Riau akan menggeliat termasuk menambah kunjungan wisatawan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Diharapkan dengan adanya rute ini ada tambahan aktivitas mancanegara karena salah satu kelemahan kita adalah kurangnya seat capacity dari luar negeri ke berbagai destinasi di Indonesia," katanya.

Pada kesempatan itu hadir Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Rahmat Rachim, General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait, Head of Commercial Jetstar Asia Frances Lois, dan Chief Pilot Jetstar Asia yang melakukan penerbangan perdana dari Singapura ke Pekanbaru Captain Ricard Doran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com