Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untung-Rugi Menjadi Traveler Perempuan Menurut Riyanni Djangkaru

Kompas.com - 14/12/2015, 08:12 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Para pehobi jalan-jalan atau traveler khususnya perempuan punya tantangan tersendiri saat melakukan perjalanan, khususnya perjalanan solo. Perspektif banyak orang tentang perempuan sebagai sosok yang lemah, terkadang menyulitkan untuk menjelajah lebih jauh. 

Riyanni Djangkaru, mantan presenter acara Jejak Petualang sekaligus pejalan perempuan, memiliki cerita unik.

"Terus terang saat memulai dengan tim Jejak Petualang saya merasa diuntungkan, selalu ada alasan PMS, lapar, takut tergores. Padahal bekas goresan juga sudah banyak," canda Riyanni pada Kompas Gramedia Fair 2015 di JCC, Sabtu (12/12/2015).

Ibu dari satu orang anak ini berkata jika sebenarnya pejalan perempuan tak boleh diremehkan. Pasalnya, perempuan memiliki keunggulan dalam melakukan perjalanan, yakni kemampuan peka terhadap lingkungan dan memiliki kesabaran yang lebih besar dibanding kaum laki-laki. 

"Di satu sisi juga dirugikan karena tidak dipercaya untuk melakukan kegiatan fisik yang dianggap berat. Padahal sebenarnya bisa dilakukan dengan latihan," ungkap Riyanni yang masih aktif bertualang hingga sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com