Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jalan-jalan Seru ala Riyanni Djangkaru...

Kompas.com - 16/12/2015, 08:02 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan-jalan akan lebih terasa seru jika sambil mengetahui cerita yang ada di balik obyek wisata. Cerita tentang obyek wisata tersebut bisa didapatkan dari pemandu wisata.

"Kekuatan yang ada saat traveling adalah ceritanya. Maksudnya adalah cerita yang ada di dalam obyek wisata," kata salah satu narasumber "Nangkring" Indonesia Juara Pariwisata, Riyanni Djangkaru kepada KompasTravel usai acara Kompasianival 2015 di Gandaria City, Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Cerita-cerita tentang obyek wisata menurut Riyanni bisa didapatkan dari pemandu wisata yang ada di tempat wisata. "Jadi jangan malu untuk nanya sama pemandu wisatanya," katanya.

Ia mengatakan jika yang membedakan obyek-obyek wisata yang dikunjungi adalah cerita di masing-masing tempat. Riyanni beralasan jika mengunjungi obyek wisata pantai biasanya pemandangan yang ditawarkan juga relatif sama.

"Ya kalau ke pantai kan juga sama, paling pasir putih sama laut biru. Yang menarik cerita di pantai itu," kata perempuan yang juga bergiat sebagai aktivis lingkungan tersebut.

Kegiatan lain yang juga biasa dilakukan oleh wisatawan di obyek wisata adalah berfoto. Namun, lanjut Riyanni, berfoto tanpa mengetahui cerita yang ada di obyek wisata, akan terasa tak menarik. "Kalau cuma foto, tapi gak bisa jelasin di keterangan foto kan jadi biasa aja," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com