Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Transportasi Menuju Goa "Tersembunyi" Cikarae di Bogor

Kompas.com - 28/12/2015, 16:26 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Goa Cikarae bisa menjadi tempat wisata bagi penggemar kegiatan petualangan. Goa ini "tersembunyi" di kawasan karst Klapanunggal.

Berlokasi di salah satu lahan di Desa Leuwi Karet, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk mengunjungi Goa Cikarae, jika dari Jakarta, moda transportasi yang dapat digunakan adalah Kereta Rel Listrik (KRL).

Gunakan KRL jurusan Cibinong. KRL jurusan Cibinong setiap hari terdapat lima kali keberangkatan dari dua stasiun yakni Stasiun Depok dan Duri.

KRL jurusan Cibinong pertama berangkat dari Stasiun Depok pada pukul 04.25 WIB. Untuk yang kedua hingga kelima berangkat dari Stasiun Duri pada pukul 07.08 WIB, 10.34 WIB, 14.09 WIB, 17.41 WIB, dan yang terakhir pada pukul 17.35 WIB. Untuk titik pemberhentian, turunlah di Stasiun Cibinong.

Langkah selanjutnya, berjalanlah ke arah Jalan Raya Bogor tepat di depan Ramayana dan naik angkutan kota nomor 08 tujuan Pasar Anyar - Citereup. Setelah naik, jangan lupa untuk turun di Pasar Citereup. Untuk biaya angkutan kota, cukup membayar Rp 5.000.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Ornamen yang terlihat di dalam Goa Cikarae yang terletak di Desa Leuwi Karet, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/12/2015).

Dari Pasar Citereup, kendaraan selanjutnya adalah angkutan umum nomor 44 dengan jurusan Citereup - Babakan Padang dengan biaya Rp 5.000. Titik pemberhentian angkutan kota nomor 44 adalah Linggih Alam/Goa Cikarae.

Angkutan selanjutnya adalah ojek untuk tiba di dekat mulut goa. Mintalah arahkan ke Yayasan Wirya Dharma SMP Asy-Syifa atau ke rumah Pak Muslih sebelum diantarkan ke mulut gua. Biaya yang dibutuhkan untuk ojek yakni Rp 10.000.

Hal yang perlu diperhatikan jika ingin naik angkutan kota menuju Goa Cikarae adalah ketersediaan mobil. Angkutan kota nomor 44 hanya tersedia hingga pukul 21.00 WIB dan nomor 08 hingga pukul 00.00. Sementara, untuk ojek tersedia 24 jam.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pancaran sinar headlamp para penelusur Goa Cikarae yang terletak di Desa Leuwi Karet, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/12/2015).

KompasTravel bersama Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) dalam perjalanan telusur Goa Cikarae, 26-27 Desember 2015, menggunakan moda transportasi KRL menuju Stasiun Cibinong dari Stasiun Pondok Cina, Depok dengan jadwal keberangkatan pukul 15.00 WIB. KRL tiba di Stasiun Pondok Cina pada pukul 15.15 WIB.

KRL tiba di Stasiun Cibinong pukul 15.50 WIB. KompasTravel menggunakan pilihan menyewa angkutan kota untuk menuju Goa Cikarae. Biaya yang dibutuhkan adalah Rp 125.000. Jarak yang ditempuh dari Stasiun Cibinong ke Goa Cikarae sekitar 10 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com