Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanoi Pho, Sup Vietnam yang Otentik Begitu Sederhana

Kompas.com - 29/12/2015, 13:05 WIB
KOMPAS.com - Sup bening dengan kaldu sapi dan isian berupa mi putih dari beras. Lalu sentuhan daun ketumbar yang aromanya begitu harum menjadi ciri khas tersendiri dari menu sederhana ini.

Pho, demikian sup terkenal asal Vietnam itu diberi nama. Penggemarnya hadir di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Orang Indonesia melafalkan menu ini dengan "poh" sesuai dengan ejaannya. Benarkah demikian?

"Bacanya 'feh', bukan 'poh' sebenarnya," ungkap Head of Marketing Moi Bistro Yosephine Lawu.

Moi Bistro yang berada di Jalan Gunawarman Nomor 71, Kebayoran Baru, Jakarta, sendiri terbilang unik. Di tengah menjamurnya restoran dan kedai yang menjual menu khas Vietnam, Moi Bistro berusaha menawarkan menu otentik Vietnam, termasuk Pho.

Di Indonesia, Pho yang dijual biasanya sudah dicampur MSG untuk menghasilkan kaldu dengan rasa kuat yang begitu gurih.

Jika pun tak memakai MSG, kaldu yang dihasilkan sudah menggunakan aneka bumbu dan cenderung ada rasa manis. Pho semacam ini merupakan Pho dari daerah selatan Vietnam. Sementara di Moi Bistro, Pho yang ditawarkan adalah Hanoi Pho alias Pho yang berasal dari kawasan Hanoi, utara Vietnam.

Nyatanya, asal muasal Pho sendiri begitu sederhana dengan mengandalkan kaldu bening dari daging sapi. Bumbu-bumbunya juga sederhana, seperti daun bawang, daun ketumbar segar, dan lada hitam.

Seperti dijelaskan Yosephine, Pho berasal dari provinsi Nam Dinh, di sisi tenggara Hanoi. Pho disebut-sebut muncul di akhir abad ke-19. Karakter khasnya adalah sup dengan kaldu sapi, irisan daging sapi, dan mi dari beras.

"Pho ini asalnya dari Vietnam bagian utara," kata Yosephine.

Ada beberapa teori sejarah latar belakang Pho. Satu hal yang pasti Vietnam banyak mendapat pengaruh dari Perancis, termasuk dalam urusan kulinernya. Maklum saja, negara ini memang jajahan Perancis. Selain Perancis, kuliner Vietnam juga mendapat pengaruh China.

"Pho dibaca 'feh' karena memang Pho asalnya dari Bahasa Perancis untuk sup daging," tutur Yosephine.

Sup daging ala Perancis yang ia maksud adalah pot-au-feu. Dari banyak teori asal nama Pho, konon salah satunya Pho terinspirasi dari menu ini.

Jadi, saat di Moi Bistro, jangan heran saat pelayan merekomendasikan menu dengan melafalkan "feh" bukan "poh" yang lebih lazim disebut orang Indonesia. Apalagi Pho menjadi salah satu menu andalan Moi Bistro.

Bahkan, seperti dituturkan Corporate Chef Moi Bistro Tiur Risye Aulia, ada tamu yang berusaha mengoreksi penuturan pelayan saat mengucapkan "feh" untuk Pho.

"Pernah ada tamu yang bilang ke pelayan, 'Bukan feh tapi poh'," katanya sambil tertawa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com