Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2016, Penggunaan Aplikasi "Online Travel Agent" akan Meningkat

Kompas.com - 29/12/2015, 18:15 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan Indonesia akan banyak menggunakan aplikasi dalam jaringan atau online travel agent (OTA) untuk memenuhi kebutuhan wisata pada tahun 2016. Hal itu terungkap pada media luncheon "Outlook Tiket.com 2015" di Demang Restaurant & Coffee Lounge, Jakarta Selasa (28/12/2015).

"Prediksi tahun 2016, kita sudah melihat perilaku biasa yang ke toko travel agent sekarang udah pergi ke toko dunia maya atau online," kata Wakil Ketua Umum idEA, Budi Gandasoebrata.

Tingkat kepercayaan wisatawan Indonesia untuk menggunakan aplikasi online menurut Budi, sudah terlihat. Ia mengatakan hal itu dapat terbukti dengan banyaknya transaksi berbelanja dengan bantuan aplikasi online.

"Banyak yang berbelanja dengan cara bank transfer," tambah Budi.

Chief Communication Officer & Co-Founder Tiket.com, Gaery Undarsa menambahkan jika pada tahun 2016 pihaknya optimis pada perkembangan dunia OTA secara spesifik. Ia menceritakan jika terjadi perubahan perilaku para wisatawan dibandingkan tahun 2014 lalu.

"Dibandingkan tahun 2014, ada perubahan perilaku, paling banyak biasanya pergi ke toko, sekarang pergi ke google apps," jelasnya.

Hal itu didukung dengan data pemesanan tiket pesawat dan hotel melalui situs Tiket.com. Ia mengungkapkan jika pelanggan Tiket.com di tahun 2015 yang memesan kamar hotel tumbuh 200-300 persen dan tiket penerbangan naik melebihi angka 150 persen dibandingkan tahun 2015.

"Tahun 2015 banyak perilaku turis yang pindah. Dari offline ke online," sebut Gaery.

Tiket.com merupakan situs yang melayani pemesanan dan pembelian tiket pesawat, hotel, kereta api, hiburan musik, dan film secara online. Tiket.com muncul pada Agustus 2011 dan beroperasi pada bulan Desember pada tahun yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com