Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kota Lhokseumawe Menghibur Anak-anak

Kompas.com - 02/01/2016, 16:02 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Ratusan anak dan orang tuanya memadati Lapangan Hiraq, Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (2/1/2016). Mereka memadati lapangan upacara itu saban sore. Lokasi itu jadi area bermain anak satu-satunya di kota yang dulu dijukuki Petro Dollar itu.

Di area ini aneka mainan anak tersedia, dari "helikopter", mobil, mancing mania, pelosotan dan lain sebagainya. Di sudut lainnya sejumlah pedagang menjual mainan seperti mobil-mobilan, aneka robot, dan lain sebagainya.

Seluruh kegiatan itu dimulai usai salat Ashar. Bagian depan lapangan berdiri megah Islamic Center yang tersohor itu.

Bagi orang tua yang membawa anaknya bermain jangan khawatir perut keroncongan. Di lokasi yang sama sejumlah pedagang bakso, kacang rebus, dan makanan ringan lainnya berjejer rapi di pinggir lapangan.

KOMPAS.COM/MASRIADI Anak-anak bermain mobil-mobilan di Lapangan Hiraq, Lhokseumawe, Aceh.
Untuk sekali menggunakan mainan yang tersedia, cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per sepuluh menit.

"Dalam sehari kami bisa meraih minimal Rp 500.000," sebut Ramlah, salah seorang pemilik mainan mobil-mobilan kepada KompasTravel.

Untuk makanan seperti bakso dan lainnya dibaderol Rp 7.000-Rp 12.000 per porsi. Pengunjung yang datang ke lokasi ini beragam, dari masyarakat sejumlah desa di Lhokseumawe, Aceh Utara hingga Kabupaten Bireuen.

Saat azan magrib berkumandang kegiatan berhenti sejenak. Satu-satu warga pulang ke rumah dan lapangan itu pun sepi. Usai salat Isya, pengunjung kembali menggerubungi lapangan. Mereka membawa anak untuk bermain.

KOMPAS.COM/MASRIADI Anak-anak bermain kolam ikan di Lapangan Hiraq, Lhokseumawe, Aceh.
Varian mainan malam hari bertambah, sudah tersedia "kereta api" yang siap membawa anak Anda berkeliling Kota Lhokseumawe.

"Lokasi ini strategis, persis di pusat kota. Sehingga mudah membawa anak berjalan-jalan kemari," sebut salah seorang pengunjung, Bahri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com