Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawabangun Tawarkan Permandian Alam, Mancing, hingga Kuliner

Kompas.com - 02/01/2016, 19:51 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Menikmati liburan panjang bersama keluarga dan anak-anak tak perlu menguras biaya mahal. Obyek wisata Rawabangun, salah satu destinasi wisata alam di kawasan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat ini menawarkan permandian alam, mancing hingga aneka menu masakan khas Mandar.

Rawabangun Mandar terletak di Desa Batetangnga ini selalu ramai dikunjungi warga yang ingin menikmati liburan panjang bersama keluarga. Destinasi wisata ini menarik bagi wisatawan lokal maupun dari luar daerah seperti Pinrang, Majene dan Mamuju. Letaknya dari kota Polewali Mandar hanya butuh waktu 45 menit perjalanan darat.

Suasana alamnya yang sejuk dan asri, serta aneka buah-buahan yang menggoda selera seperti durian, rambutan, manda dan duku di kawasan ini menjadi salah satu daya tarik yang tak ditemukan di tempat wisata lainnya.

Tak hanya itu, pengunjung tak perlu menguras kocek dalam-dalam. Pasalnya pengunjung tak perlu membayar biaya masuk. Pengunjung hanya dikenakan biaya untuk memanfaatkan kolam renang dan wisata mancing sebesar Rp 5.000 per orang.

KOMPAS.COM/JUNAEDI Obyek wisata Rawabangun Mandar, di Desa Batetanga, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi warga yang ingin menikmati liburan panjang bersama keluarga.
Atau pengunjung bisa menyewa gazebo selama seharian mulai dari Rp 300.000. Sementara bagi Anda yang ingin menikmati aneka kuliner khas Mandar seperti ikan bakar, ikan toppa dan nasu kadundung bisa anda pesan sendiri sesuai selera.

Aneka masakan ini disajikan di meja lesehan di sejumlah gazebo yang dibangun pengelola di sekitar kawasan obyek wisata yang terkenal akan hawa alamnya yang sejuk.

Anda yang ingin membawa masakan sendiri ke tempat ini juga tak dilarang. Yang penting bisa menjaga kebersihan obyek wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Wempi, salah satu pengunjung yang baru pertama kali menginjakkan kaki di lokasi ini mengaku takjub dan merasa nyaman tinggal berlama-lama. Kolam permandian yang memanfaatkan air mancur pegunungan Binuang membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

KOMPAS.COM/JUNAEDI Rawabangun Mandar di Desa Batetanga, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi warga yang ingin menikmati liburan panjang bersama keluarga.
Tak hanya itu sejumlah rawa di kawasan ini memiliki aneka ikan seperti ikan mas, ikan coy dan aneka ikan lainnya bisa jadi wahana tempat memancing bersama keluarga.

Memancing di sejumlah kolam yang disediakan bagi pengunjung diyakni bisa membuat liburan panjang terasa lebih berkesan dan yang terpenting bisa menghilangkan stres sebelum kembali sibuk beraktivitas.

“Tempatnya asri, wahananya lumayan banyak dan yang pasti aman untuk berwisata bagi keluarga dan anak-anak di waktu liburan panjang seperti saat ini,” ujar Wempi yang mengaku mengajak istri dan anak-anak untuk menikmati liburan panjang di tempat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com