Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menyewa Mobil di Luar Negeri untuk Pelesir

Kompas.com - 06/01/2016, 09:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Ketika berlibur ke luar negeri tanpa menggunakan jasa agen perjalanan, Anda akan dituntut mandiri seperti memilih transportasi. Salah satu pilihan transportasi di luar negeri adalah kendaraan sewa. Apalagi jika pergi berlibur bersama keluarga, Anda akan membutuhkan kendaraan agar perjalanan terasa aman dan nyaman.

Namun, dibandingkan dengan menyewa kendaraan akan terasa lebih sulit karena memerlukan persyaratan surat izin mengemudi internasional untuk asuransi. Setelah memastikan dokumen-dokumen telah lengkap dan surat izin mengemudi internasional, berikut tips-tips yang perlu Anda ketahui sebelum menyewa mobil.

Pesan mobil

Pesanlah kendaraan yang akan Anda sewa jauh hari sebelum perjalanan karena harga yang ditawarkan langsung akan lebih mahal. Kunjungi website dari beberapa agen penyewaan dan kendaraan yang sesuai pada tanggal perjalanan Anda. Pemesananan kendaraan sebelum meninggalkan Indonesia akan memudahkan proses lebih mudah, lebih aman, dan lebih murah.

Jangan lupa tanyakan tentang penawaran spesial di akhir pekan, denda keterlambatan, dan juga tambahan biaya bensin. Kadang terdapat diskon yang tidak dijelaskan dalam promosi. Ketahui juga cara pengambilan dan pengembalian mobil, dan juga pembayaran.

Surat izin mengemudi internasional

Surat izin mengemudi (SIM) internasional bisa digunakan di negara-negara yang juga menerbitkan surat izin tersebut. Wisatawan Indonesia hanya dapat mengurus di kantor Polda Metro Jaya yakni Korps Lalu Lintas Polri Bid Redigent Subbid Pengemudi bagian pelayanan SIM Internasional. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), tiga lembar foto ukuran 4X6 dengan latar belakang berwarna biru, dan materai Rp 6.000, foto copy paspor, SIM, dan KTP.

Seperti di Amerika Serikat, ada dua lembaga resmi yang dapat menerbitkan SIM internasional seperti American Automobile Association (AAA) dan the National Automobile Club. Jangan tertipu dengan lembaga yang menawarkan jasa-jasa pembuatan SIM internasional. Kemudian periksalah kebijakan terkait SIM internasional di kedutaan negara yang akan Anda kunjungi.

Ketahui apapun sebelum pergi

Pastikan perencanaan biaya bensin yang akan Anda keluarkan ketika berwisata dengan mobil sewaan di negara yang dikunjungi. Biasakan untuk mematuhi aturan lalu lintas di negara tujuan sebelum Anda mengendarai mobil. Pelajari rambu-rambu lalu lintas yang berlaku di negara tujuan. Sumber terbaik untuk informasi lalu lintas adalah melalui buku panduan yang terbaru dan juga kedutaan besar.

Perhatikan pula asuransi yang melindungi mobil sewaan Anda karena mungkin ketika Anda memesan mobil sewa tanpa perlindungan asuransi. Sediakan peta untuk memperlancar navigasi perjalanan Anda. Jika Anda memiliki GPS, unduhlah peta internasional di website penyedia GPS. Bahkan beberapa tempat rental mobil juga menyediakan penyewaan GPS dengan harga tertentu dan jangka waktu tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com