Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Kecil di Perbatasan Wales dan England Ini Surganya Pecinta Buku

Kompas.com - 06/01/2016, 21:13 WIB
KOMPAS.com - Apabila wisatawan berkunjung ke negara Inggris Raya, biasanya akan terfokus untuk mengunjungi beberapa kota besar di sana, seperti London, Manchester, atau Edinburgh.

Jarang sekali yang terpikir untuk mengunjungi kota-kota kecil yang ada di negara tersebut, padahal banyak sejarah atau keunikan yang bisa dieksplorasi dari kunjungan ke kota-kota kecil tersebut.

Saya akan menceritakan tentang kunjungan singkat saya ke dua kota kecil yang berada di perbatasan Wales dan England, yaitu kota Hay-on-Wye (Wales) dan Hereford (England). Wales dan England merupakan dua dari empat wilayah yang berada di negara Inggris Raya.

Dua wilayah lainnya adalah Scotland dan Irlandia Utara. Sedikit catatan, di wilayah Wales, masih banyak ditemui penduduk yang berbahasa Welsh, bahasa yang cukup membingungkan bagi saya karena tulisannya banyak dipenuhi konsonan dan pengucapannya yang jauh berbeda dari Bahasa Inggris.

Misalnya, Wales dalam bahasa Welsh disebut "Cymru" (baca: khem re). Ketika berada di wilayah Wales, siap-siap juga ketika harus mendengar penduduk lokal berbahasa Inggris dengan logat Wales yang kental, yang sempat membuat saya bingung berusaha menduga apa yang hendak dikatakan oleh penduduk lokal tersebut.

Namun, penduduk Wales sangat ramah terhadap pendatang. Kota Hay-on-Wye (atau dalam bahasa Wales disebut "Y Gelli Gandrell") terletak di pinggiran sungai Wye, di perbatasan Wales dengan area Herefordshire di England.

Kota ini terkenal sebagai kota buku. Hampir sebagian besar toko di kota ini adalah toko buku. Bahkan, puing-puing istana batu yang ada di kota ini pun dijadikan sederetan toko, termasuk toko buku bekas yang diberikan nama "The Honesty Bookshop".

Semua buku bekas yang dijual di The Honesty Bookshop hanya berharga 1 poundsterling atau kurang dari 1 poundsterling.

Hal unik dari toko buku ini adalah tidak adanya petugas yang menjaga. Setiap pengunjung yang membeli buku bekas dipersilahkan untuk meletakkan uang ke dalam kotak yang disediakan di bagian depan toko.

Setelah puas menelusuri pusat kota Hay-on-Wye yang tidak terlalu besar, saya mengunjungi kota Hereford di area Herefordshire yang bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 40 menit dari kota Hay-on-Wye.

Satu obyek wisata yang menonjol dari kota Hereford adalah Hereford Cathedral. Di sini tersimpan salah satu salinan Magna Carta.

Di dalam katedral ini juga dapat dilihat peta dunia pertama (Mappa Mundi) yang dibuat oleh para ahli yang hidup di abad pertengahan. Menarik untuk dicermati bagaimana Mappa Mundi lebih merupakan interpretasi para ahli akan dunia ini daripada gambaran sesungguhnya dari dunia. (Syanne)

Baca kisah selengkapnya di Kompasiana: "Mengunjungi Perbatasan Wales dan England".

Mengunjungi Perbatasan Wales dan England

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/syanne/mengunjungi-perbatasan-wales-dan-england_5613b2284123bd54098b4567

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kompasiana
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com