Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar: Lombok Harus Bisa Tumbuh 50 Persen

Kompas.com - 12/01/2016, 10:14 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata menetapkan angka target kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat sebesar 3 juta pada tahun 2016. Jumlah tersebut meningkat 50 persen dari angka target kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat yakni 2 juta.

"Lombok harus bisa tumbuh 50 persen. Masing-masing (wisatawan mancanegara dan nusantara) 1,5 juta," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sambutan Launching Festival Pesona Tambora 2016 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (11/1/2016).

Untuk mencapai target kunjungan tersebut, Arief mengatakan Lombok harus memiliki nilai jual tersendiri dibandingkan dengan Bali. Ia menyatakan selama ini Lombok hanya menjadi destinasi wisata kedua setelah Bali.

"Main destination-nya itu Bali. Kalau mau jadi main destination, harus punya positiniong. Kita sudah tetapkan jadi halal destination," jelas Arief.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Dino Eka Putra dan Lily Suryani, peserta lomba ultramaraton sejauh 320 kilometer Trans-Sumbawa 200, disambut pelajar dan masyarakat di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Rabu (8/4/2015). Ultramaraton yang harus diselesaikan peserta maksimal 67 jam ini diselenggarakan dalam rangkaian peringatan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora yang menewaskan 71.000 orang pada 1815.
Gubernur Nusa Tenggara Barat M. Zainul Majdi dalam jumpa pers Launching Festival Pesona Tambora 2016 menyatakan kesiapannya untuk menyambut target Menteri Pariwisata menarik 3 juta kunjungan wisatawan.

"Kami siap dengan (kenaikan) target 50 persen. Saya yakin Pak Arief orang baik dan akan mendukung," jelasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Mohammad Fauzal kepada KompasTravel mengatakan jika cara yang akan ditempuh adalah dengan menghadirkan festival-festival untuk menarik kunjungan wisatawan. Salah satu festival yang akan diselenggarakan adalah Festival Pesona Tambora 2016.

"Kualitas dan branding event yang kita kuatkan. Ini tugas berat kita," kata Faozal.

Adapun 12 festival yang akan hadir pada tahun 2016 adalah Festival Bau Nyale di Pantai Seger, Festival Mbojo di Bima, Festival Tambora di Gunung Tambora, Festival Mentaram di Mataram, Bulan Budaya Lombok Sumbawa Mataram, Festival Senggigi, Festival Moyo, Festival Gili Indah, Festival Muharam Selong, Festival Moyo Lakey, dan Festival Taliwang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com