Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerhana Matahari Total di Indonesia Akan Gemparkan Dunia

Kompas.com - 13/01/2016, 21:19 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Gerhana matahari total di Indonesia menjadi alasan salah satu kegiatan yang akan menggemparkan dunia. Hal itu disebutkan di artikel "World events that'll shake up your 2016 vacation" yang diterbitkan oleh CNN Travel.

"Gerhana matahari pada tanggal 9 Maret adalah alasan terbaik untuk mengunjungi Indonesia," tulis Joe Minihane dalam artikel tersebut.

Ia menuliskan gerhana matahari terbaik dapat dilihat di Pulau Sulawesi. Joe menyebutkan selain memiliki keanekaragaman hayati dan pantai-pantai yang indah, Sulawesi adalah tempat yang cocok untuk melihat fenomena-fenomena di langit secara amatir.

Datang ke Sulawesi untuk melihat gerhana matahari belum lengkap tanpa pesta. Joe menyebutkan terdapat salah satu festival yakni Eclipse Festival di Palu yang menampilkan pertunjukan disk jockey (DC), musik, dan area menonton yang tersembunyi.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gerhana matahari total akan melewati dua wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah yakni Kabupaten Poso dan Kabupaten Luwuk. Gerhana matahari total akan melewati Palu selama 2 menit 4 detik dan Luwuk selama 2 menit 50 detik.

Gerhana Matahari merupakan fenomena yang terjadi apabila matahari tertutup oleh bulan. Fenomena gerhana matahari total pada tahun 2016 dianggap sebagai peristiwa langka yang belum dapat disaksikan kembali dalam 40 tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com