Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Wisata Samberpasi Andalan Biak Menggaet Wisman

Kompas.com - 25/01/2016, 12:06 WIB
BIAK, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Pariwisata setempat dalam waktu dekat akan meresmikan obyek wisata bahari Kampung Samberpasi di Kepulauan Padaido/Aimando.

"Sesuai jadwal peresmian kampung wisata Samberpasi akan dilakukan bersamaan dengan musyawarah perencanaan pembangunan Kabupaten Biak Numfor tahun 2016. Sesuai informasi akan berlangsung Maret mendatang," ujar Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Biak Numfor, Mecky Kapitarauw, di Biak, Minggu (24/1/2016).

Ia menjelaskan, pembangunan destinasi wisata itu dilakukan Pemkab Biak Numfor di wilayah Kampung Wisata Samberpasi, Distrik Kepulauan Padaido/Aimando untuk dikembangkan menjadi obyek wisata bahari andalan daerah ini.

"Sejumlah sarana fisik di kampung wisata Samberpasi sedang dalam proses penyelesaian, sekitar 75 hingga 90 persen sudah rampung dikerjakan," katanya.

Dia menyebutkan, fasilitas wisata yang dibangun itu berupa cottage, jalan lingkungan, perumahan, dan pelabuhan yang diharapkan menjadi ikon wisata bahari program kemaritiman di Kabupaten Biak Numfor.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Pulau Rurbas kecil di gugusan Pulau Padaido, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis (5/7/2012). Gugusan pulau Padaido merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang ada di Kabupaten Biak Numfor. Di gugusan kepulauan ini terdapat puluhan titik selam dengan keindahan terumbu karang dan ratusan spesies ikan.
"Fasilitas wisata yang lengkap di Kampung Samberpasi diharapkan menjadi sumber pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata," ujarnya.

Menurut Mecky, salah satu strategi untuk mengembangkan potensi pariwisata Biak Numfor melalui promosi wisata daerah.

"Promosi potensi wisata bahari Biak diharapkan pada tahun depan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke Biak," katanya.

Data kunjungan wisatawan ke Biak hingga penghujung tahun 2015 masih didominasi turis Jepang, Eropa serta sejumlah wisatawan dari Korea, China, Amerika Serikat dan Australia, serta wisatawan lokal dari berbagai kabupaten/kota Papua dan Papua Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com