Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternate Akan "Dibanjiri" Ribuan Turis Asing Saat Gerhana Matahari

Kompas.com - 25/01/2016, 17:13 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.500 turis asing dari berbagai negara di Asia, Eropa, dan Amerika akan menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di Ternate, 9 Maret 2016 mendatang.

"Sampai sekarang sudah ada wisatawan asing sebanyak 2.500 turis asing yang konfirmasi datang ke Ternate untuk melihat gerhana matahari," Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate, Anas Conoras kepada KompasTravel usai Jumpa Pers Gerhana Matahari Total 2016 di  Jakarta, Senin (25/1/2016).

Para turis asing yang akan datang ke Ternate ketika Gerhana Matahari Total 2016 berasal dari Belanda, Amerika Serikat, Jerman, Perancis, dan Korea Selatan.

Adapun dari turis asing dari Jerman dan Jepang adalah peneliti. "Mereka di-handle oleh operator. Mereka menginap di Ternate dan sudah pesan dari tahun kemarin," kata Anas.

Para turis asing tersebut akan mulai datang pada tanggal 7 Maret 2016 dan meninggalkan Ternate pada tanggal 10 Maret 2016. Selama menyaksikan GMT, para turis asing tersebut akan menginap di Kota Ternate.

Gerhana Matahari Total 2016 akan melintasi 12 provinsi di Indonesia, seperti Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com