Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang "Tour De Flores" Digelar Mei Mendatang

Kompas.com - 28/01/2016, 22:09 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap sepeda Tour de Flores (TdF) 2016 akan digelar pada Mei mendatang. Acara tahunan TdF Flores rencananya akan berlangsung di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

"Tour de Flores nanti akan diselenggarakan pada 16-23 Mei dan akan ada lima etape," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam Jumpa Pers Tour de Flores 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Konsep TdF adalah sport tourism atau pariwisata berbasis olahraga. Arief menjelaskan bahwa titik start TdF 2016 berada di Larantuka (Kabupaten Flores Timur), sedangkan titik finish berada berakhir di Labuan Bajo (Kabupaten Manggarai Barat).

TdF 2016 akan melewati delapan kabupaten di Nusa Tenggara Timur. Adapun kabupaten yang akan dilewati antara lain Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Sikka, Ende, Flores Timur, Nagekeo, dan Ngada.

Chairman TdF 2016, Primus Dorimulu mengatakan peserta TdF 2016 berasal dari 24 negara seperti Jerman, Belanda, Austria, Perancis, Inggris, Jepang, Iran, China, Thailand, Malaysia, Australia, dan negara-negara lainnya.

Selain pebalap mancanegara, terdapat lima tim dalam negeri yang terdiri dari 4 tim nasional dan 1 tim daerah.

"Ini acara sport tourism. Selain sepeda nanti mereka juga akan jalan-jalan," kata Primus.

Peserta TdF 2016 adalah lanjutan peserta Tour de Ijen Banyuwangi yang akan berlomba pada 11-14 Mei 2016. Para peserta Tour de Flores akan menuju Flores pada 16 Mei 2016 via Denpasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com