Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amit-amit, Jangan Sampai Mati Gaya Berjam-jam di Pesawat...

Kompas.com - 29/01/2016, 11:53 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis


KOMPAS.com – Stok film layak tonton berdurasi tiga jam telah dibabat habis tetapi pesawat belum juga mendarat. Muka kusut, kaki kesemutan, lalu badan kaku karena kursi terlalu tegak, bisa berentet menjadi keluhan dalam perjalanan panjang, termasuk ke Negeri Formosa, Taiwan.

Sudah begitu, tidur jadi sulit dan malah membuat leher kaku karena lupa bawa bantal kepala. Belum lagi sesudah tinggal landas baru ingat ada dokumen penting bahan presentasi yang tertinggal di rumah.

Maka, tujuh jam penerbangan pun terasa bagai seumur hidup kalau begitu ceritanya. Mati gaya. “Ah, andaikan ojek daring bisa menyeberang lautan,” bisa jadi demikian rutukan yang spontan terlontar pada kondisi semacam itu.

Memang, apalah daya ketika atasan memberi tugas kerja ke luar negeri secara mendadak. Singkatnya waktu antara penugasan dan waktu keberangkatan merupakan salah satu alasan kegiatan berkemas dilakukan terburu-buru serta seadanya.

Tenang, ada strateginya biar tidak begitu...

Pengalaman seperti di atas dapat dihindari jika Anda mampu menyiasati terbatasnya waktu, seperti membuat daftar barang bawaan di jalan sepulang kantor, segera setelah mendapat penugasan. Tuliskan saja pada ponsel supaya mudah dilihat.

Sesampainya di rumah, langsung masukkan kebutuhan utama dalam daftar itu, mulai dari pakaian kerja, paspor, hingga obat-obatan pribadi. Ingatlah untuk menempelkan label identitas dan tes fungsi kunci pada koper agar terhindar dari kehilangan barang di bandara—seperti yang sempat marak menjadi pemberitaan itu—maupun dalam perjalanan nanti.

Lalu, bekali diri dengan bantal duduk dan bantal leher portabel. Dengan begitu, Anda bisa menghabiskan berjam-jam di pesawat dengan tidur nyenyak. Pastikan juga semua kebutuhan kantor sudah lengkap, seperti laptop dan surat-surat berharga lainnya.

Untuk cadangan, buat duplikat dokumen dan data dalam flash drive. Ada banyak produk penyimpan data mungil bisa anda pakai. Bahkan, sudah ada di deretan peranti ini yang punya kecepatan tinggi dengan konektor yang malah sudah bisa dicolok ke ponsel.

Kalau belum punya referensi, ada Transcend JetFlash di katalog Taiwan Excellence. Ini adalah penghargaan terhadap produk unggulan Taiwan yang dijalankan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), di bawah pengawasan Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT), Kementerian Ekonomi (MOEA) Taiwan.

Setelah beres urusan persiapan pernak-pernik dan pekerjaan, periksa tiket pesawat sekaligus jadwal selama dinas luar negeri. Cek kepastian orang yang akan menjemput atau rute jalan ke hotel, jadi Anda tahu harus melakukan apa begitu pesawat mendarat.

Terakhir, jangan lupa untuk istirahat agar tubuh mudah menyesuaikan diri dengan perjalanan dan perbedaan waktu di negara tujuan. Jangan sampai Anda lelah bahkan sebelum aktivitas utama dimulai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com