Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Buddha di Kuta Menghaturkan Sesaji di Vihara Dharmayana

Kompas.com - 08/02/2016, 08:23 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

KUTA, KOMPAS. com - Umat Buddha yang mempersiapkan perayaan Tahun Baru Imlek menghaturkan banten atau sesaji layaknya umat Hindu di Bali.

Mereka mengklaim bahwa sejak turun temurun, umat Buddha yang bersembahyang di Vihara Dharmayana, Jalan Blambangan Kuta, ini menggunakan tradisi Bali.

"Sudah sejak turun temurun memang tradisinya di wihara ini ya seperti ini. Ada tradisi Hindunya. Kan lihat ada canang, penjor, banten dan lainnya," kata Sudarmi di Kuta, Badung, Bali, Minggu (7/2/2016).

Banten ini berupa canang atau persembahan aneka bunga yang ditempatkan di rangkaian janur dan banten (sesaji) buah seperti, juga terlihat puluhan gebogan (susunan buah yang tertata) di beberapa titik wihara.

Yang menariknya lagi, tidak hanya sarana persembahyangan saja yang memasukkan unsur Hindu, tapi sebagian mereka juga berpakaian adat Bali, khususnya wanita seperti mengenakan kain panjang, kebaya dan mengikatkan selendang di lingkaran pinggangnya.

"Ya sudah biasa di sini banyak yang menggunakan pakaian adat Bali. Kita kan orang Bali juga," kata Via.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Umat Buddha menghaturkan Canang atau sesaji bunga di Vihara Dharmayana, Jalan Blambangan, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (7/2/2016).
Budaya Tionghoa yang masih kental memang sejak lama dipadukan dengan unsur lokal seperti ornamen dan tradisi Bali.

Seperti memasang "penjor" atau bambu melengkung dirangkai dengan janur dan bunga yang biasanya digunakan umat Hindu saat acara perayaan keagamaan atau acara resepsi.

Selain itu juga dipasang beberapa gantungan berupa rangkaian janur yang dinamakan "sampian". Sampian dipasang tepat di atas pintu baik pintu gerbang maupun pojokan bangunan wihara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com