Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ritual Bersih Bumi, Vihara Dharmayana Kuta Gelar Pawai Barongsai

Kompas.com - 08/02/2016, 10:58 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS. com - Satu hari sebelum Tahun Baru Imlek 2567 yang jatuh pada Senin 8 Februari 2016, umat Buddha di Vihara Dharmayana Kuta, Jalan Blambangan menggelar ritual bersih bumi melaksanakan pawai dengan mengarak barongsai dan liong atau naga.

"Ya kita akan melakuan peesembahyangan ritual. Ini persembahyangan ritual tolak bala," kata Pengurus Vihara Dharmayana, Adi Dharmaja Kusuma, di Kuta, Badung, Bali, Minggu (7/2/2016).

Pawai dimulai pukul 17.00 Wita dengan mengambil rute wihara Jalan Blambangan menuju sebagian Jalan Raya Kuta dan kembali ke wihara yang nantinya akan memakan waktu sekitar satu jam. Di setiap perempatan yang dijumpai akan dilakukan upacara ritual.

"Di setiap perempatan, akan dilakukan ritual. Ritual untuk membersihkan bumi dari aura negatif," tambahnya.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Barongsai ambil angpao saat ritual tolak bala atau bersih bumi yang dilakukan umat Buddha di Vihara Dharmayana, Jalan Blambangan, Kuta, Bali, Minggu (7/2/2016).
Pawai Barongsai dan Liong atau Naga dilakukan oleh umat Buddha Vihara Dharmayana khususnya para anak muda. Mereka berjalan mengikuti rute yang ditempuh dari wihara di Jalan Blambangan, menuju Jalan Raya Kuta dan kembali ke wihara.

Jarak tempuh pawai Barongsai dan Liong sekitar 1 kilometer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com