Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tohoku, Alternatif Destinasi Wisata "Anti-Mainstream" di Jepang

Kompas.com - 16/02/2016, 10:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Wisatawan Indonesia dipandang belum banyak mengenal daerah Tohoku di Jepang. Pihak dinas pariwisata Jepang menganggap wisata Jepang bagi orang Indonesia masih identik dengan daerah-daerah seperti Tokyo, Osaka, Kyushu, dan Hokkaido. Padahal, Tohoku bisa menjadi alternatif wisatawan yang ingin berlibur di Jepang.

"Daerah Tohoku itu hanya sedikit yang datang dari wisatawan Indonesia. Paling hanya cuma 1-2 persen yang pergi ke Tohoku dibanding jumlah wisatawan Indonesia yang ke Jepang," kata Direktur Eksekutif Japan National Tourism Organization, Hideki Tomioka kepada KompasTravel di sela-sela acara Japan Travel Fair 2016 di AEON Mall BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (13/2/2016).

Padahal menurut Tomioka, Tohoku memiliki daya tarik wisata yakni pegunungan, budaya, dan juga penyelenggarakan festival musim panas setiap tahun di prefektur-prefektur Tohoku. Selain itu, ia juga menyebutkan daerah Tohoku memiliki suhu yang dingin seperti Bandung.

"Kalau festival itu bernama Yondai Matsuri. Biasanya di musim panas diselenggarakan sekitar bulan Agustus jadi bisa melihat festival itu," jelas Tomioka.

Berdasarkan data statistik kunjungan wisatawan Indonesia ke Jepang pada tahun 2015, Tomioka menyebutkan ada sekitar 205.000 orang. Ia menganggap daerah Tohoku masih belum banyak dibicarakan oleh wisatawan Indonesia.

"Jadi banyak wisatawan Indonesia pergi ke Jepang untuk lihat Tokyo, Kyushu, dan Hokaido. Tidak ada yang membicarakan Tohoku," tambah dia.

Sebagai informasi, Tohoku adalah daerah yang terletak di Pulau Honsho dan berada di sisi timur laut Kota Tokyo. Daerah Tohoku memiliki enam perfektur atau provinsi yakni Akita, Aomori, Morioka, Yamagata, Fukushima, dan Sendai.

Daerah Tohoku bisa dicapai menggunakan pesawat udara dan kereta dari Tokyo. Beberapa bandara di daerah Tohoku yakni di Bandara Aomori, Sendai, Iwate Hamanaki, Aikita, dan Odate Noshiro.

Beberapa daerah Tohoku mengalami bencana tsunami dan nuklir beberapa tahun silam. Namun, kawasan ini sudah bangkit kembali terutama melalui pariwisatanya. Tohoku terkenal sebagai daerah terpencil dengan alam yang masih alami dan tidak hiruk pikuk seperti kota-kota besar semacam Tokyo.

Wisatawan yang datang ke Tohoku biasanya ingin menikmati sejuknya daerah ini dengan pemandangan pegunungan yang alami. Serta mengenal budaya Jepang melalui sejumlah festival yang diselenggarakan atau sekadar bersantai di sumber mata air panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com