Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Lomba Tulisan, Video, dan Foto Gerhana Matahari Berhadiah Rp 10 Juta

Kompas.com - 16/02/2016, 17:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pariwisata mengadakan lomba untuk wisatawan Indonesia terkait gerhana matahari total yang akan berlangsung pada 9 Maret 2016.

"Siapa tahu jalan-jalan sambil menulis dapat hadiah. Ini adalah cara untuk mengajak orang mengetahui peristiwa langka di sana," kata Asisten Deputi Komunikasi Bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata, I Putu Ngurah, dalam jumpa pers Pesona Gerhana Matahari Total di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Ia mengatakan, dengan adanya lomba tersebut, peserta diharapkan dapat memberikan informasi wisata, seperti budaya, alam, dan kuliner di 12 destinasi tempat gerhana matahari total (GMT).

"Jadi, wisatawan bisa berbondong-bondong datang ke destinasi-destinasi tersebut," tambah dia.

Karya yang dilombakan dalam bentuk video, foto, dan tulisan. Lomba berlangsung mulai tanggal 1 Maret 2016. Untuk lomba ini, peserta tidak dikenakan biaya dan wajib mengirimkan karya asli yang dihasilkan antara 2015 dan 2016.

"Karyanya harus berkaitan dengan 12 provinsi yang dilewati GMT," kata perwakilan penyelenggara Lomba Pesona GMT, Fransiska Angraini.

Pemenang pertama pada tiap-tiap jenis lomba berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 15 juta, travel bag, dan vaucer menginap di hotel.

Peraih tempat kedua akan memperoleh uang sebesar Rp 10 juta dan vaucer menginap. Untuk peraih tempat ketiga, peserta akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5 juta. Peserta yang ingin mengikuti lomba bisa menuju halaman indonesia.travel/PesonaGMT. Batas pengiriman akhir karya adalah 30 April 2016.

Gerhana Matahari Total 2016 akan terlihat di 12 provinsi di Indonesia, yakni Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com