Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MAA Akan Seminarkan Sejarah Raja Jeumpa

Kompas.com - 18/02/2016, 08:09 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Guna mengumpulkan sejarah asal mula nama dan sejarah Kabupaten Bireuen, Aceh, Majelis Adat Aceh (MAA) setempat segera menggelar seminar ketokohan Raja Jeumpa di lokasi situs yang berada di Desa Blang Seupeng, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Sebelum resmi bergelar Kabupaten Bireuen, kawasan ini dikenal dengan nama Jeumpa, yang dahulu Jeumpa merupakan sebuah kerajaan kecil di Aceh yang dipimpin oleh seorang raja bernama Abdullah, yang memasuki pusat kerajaan dengan kapal niaga yang datang dari India belakang untuk berdagang.

Selanjutnya Abdullah tinggal bersama penduduk dan menyiarkan agama Islam serta menikah dengan puteri Raja, hingga Abdullah dinobatkan menjadi Raja menggantikan bapak mertuanya. Selanjutnya wilayah kekuasaannya dia berikan nama Kerajaan Jeumpa, sesuai dengan nama negeri asalnya yang bernama ”Champia”, yang artinya harum, wangi dan semerbak.

Ketua MAA Kabupaten Bireuen, Jailani, kepada KompasTravel, Rabu (17/2/2016), mengatakan, banyak informasi yang ditemukan terkait referensi sejarah Raja Jeumpa sehingga pihaknya bermaksud menyatukan dan merumuskan ragam informasi itu untuk dikemas secara terperinci diperkuat oleh bukti dan saksi sejarah yang masih hidup.

“Sebagai warga Bireuen asli, kita ingin sejarah nama dan muasal tempat ini menjadi kekayaan daerah yang tidak boleh lekang atau sengaja dihilangkan. Untuk itu dalam waktu dekat kita segera melaksanakan seminar Raja Jeumpa di Kabupaten Bireuen,” ungkap Jailani.

Ia menyebutkan, medio April mendatang, seminar itu akan dilakukan di area makam Raja Jeumpa, di perbukitan Blang Keujruen, Desa Blang Seupeng, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Aceh.

“Mengenai lokasi mengapa kita memilihnya di sana, karena kita ingin pembahasan berjalan tidak melebar kemana-mana dan fokus pada apa yang kita lihat dan saksikan,” tambah Jailani. Rencananya, hasil seminar akan dibukukan dan menjadi bahan ajar bagi siswa khususnya di Kabupaten Bireuen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com