Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengunjungi Pulau Permata hingga Goa Perompak di Laut Andaman

Kompas.com - 18/02/2016, 09:22 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

BERWISATA ke Thailand, jika mengunjungi Phuket Chiang Mai atau Bangkok sepertinya merupakan hal yang biasa. Tak ada salahnya untuk mengunjungi daerah lain yang juga memiliki keindahan alam, seperti di Provinsi Trang yang terletak di bagian Selatan Thailand.

Provinsi Trang merupakan wilayah pesisir yang tak jauh dari perbatasan antara Thailand dan Malaysia. Tempat ini lebih dikenal sebagai tempat digelarnya pernikahan bawah laut, sejak 1996. Pantai Pak Meng merupakan salah satu pantai yang menjadi destinasi wisata di Trang.

Dermaga yang berada di dekat pantai, selalu digunakan oleh wisatawan untuk menuju pulau-pulau tersembunyi yang berada di Laut Andaman.

"Sejak lama daerah ini memang diminati karena pariwisata laut. Setiap tahun, hampir 1 juta orang yang datang ke sini," ujar Gubernur Trang Dejrath Simsiri saat ditemui di Trang, Minggu (14/2/2016).

Bagi yang menyukai pemandangan bawah laut, menyelam atau hanya melakukan snorkeling di permukaan laut adalah hal yang tepat untuk dilakukan di perairan Andaman. Wisatawan dapat mengakses pulau-pulau di Laut Andaman dengan menyewa sebuah kapal dari Pantai Pak Meng.

KOMPAS.COM/ABBA GABRILLIN Pulau Koh Kradan di Provinsi Trang, Thailand, Sabtu (13/2/2016).
Untuk menyewa sebuah speed boat berukuran kecil, setiap orang dikenakan biaya sebesar 400 baht, atau sekitar Rp 160.000.

Koh Kradan

Menyusuri Laut Andaman, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan tebing-tebing tinggi yang berjajar membentuk pulau-pulau kecil di kiri dan kanan. Salah satu pulau yang cukup terkenal di Trang, adalah Pulau Koh Kradan.

Hamparan pasir putih mengelilingi seluruh bibir pantai di pulau ini. Air laut yang biru dan jernih di pinggir pantai semakin menegaskan keindahan pulau. Wisatawan yang baru berkunjung ke Pulau Koh Kradan sudah pasti tak sabar untuk segera bermain air.

Di pulau ini, terdapat beberapa resort dan klub pribadi yang menawarkan berbagai fasilitas dan kenyamanan bagi wisatawan mancanegara.

KOMPAS.COM/ABBA GABRILLIN Hidangan laut di Koh Mook Sivalai Beach Resort, Pulau Koh Mook Thailand, Sabtu (13/2/2016).
Selain itu, di tengah pulau ini juga terdapat hutan kecil yang meneduhkan pulau saat terik matahari menyengat di siang hari.

Koh Mook

Setelah puas menikmati Pulau Koh Kradan, ada baiknya mengunjungi pulau lainnya yang tak kalah eksotis, yakni Pulau Koh Mook. Dalam bahasa Thailand, Koh Mook memiliki arti Pulau Mutiara.

Seperti namanya, pantai di pulau ini juga dikelilingi dengan pasir putih yang diibaratkan sebagai mutiara. Terdapat beberapa resort dan villa yang menghadap langsung ke laut. Tarifnya pun beragam, mulai dari 3.000-5.000 baht per malam.

Tempat ini dinilai paling cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana saat matahari tenggelam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com