Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durian... Selain Festival Juga Ada Desa Wisatanya

Kompas.com - 19/02/2016, 14:38 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta, merupakan salah satu desa yang tersohor karena buah duriannya.

Mulai tahun 2016 keunggulan ini akan dikembangkan menjadi desa wisata durian Banjaroya, seperti disampaikan Kepala Desa Banjaroya, Anton Supriyono, saat dihubungi KompasTravel, Selasa (16/2/2016).

“Durian yang merupakan buah unggulan desa ini sudah tersohor, dan sangat banyak jenisnya. Ke depan akan dikonsepkan selain festival juga desa wisata durian. Wisatawan akan memilih sendiri durian sesuai tipe-tipenya di kebun-kebun warga,” ujar Anton.

Buah durian merupakan hasil alam unggulan di desa ini selain kakao. Masyarakat di desa ini sangat menggalakkan budidaya durian di setiap kebun bahkan kecil lahan rumahnya. Tak heran desa ini mempunyai sangat banyak ragam durian.

Meskipun konsepnya wisatawan dapat memilih sendiri di kebun warga, tetapi terdapat larangan keras untuk memotong durian ketika masih di pohon.

Desa ini sangat menjaga kualitas buah unggulannya. Oleh karena itu, untuk masyarakat maupun wisatawan jangan pernah mengambil durian sebelum matang dan jatuh dari pohon.

Dibantu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Desa Banjaroya memiliki varian durian yang dikembangkan sendiri oleh masyarakatnya. Menurut Anton, tiap kebun bahkan tiap rumah memiliki kekhasan duriannya masing-masing.

“Ya, tiap kebun bahkan tiap warga punya kekhasan duriannya masing-masing. Jadi kalau mau durian yang manis, berarti ke kebun ini. Kalau mau yang legit agak pahit ke ibu ini, dan masih banyak lagi. Dari yang menggunggulkan rasa, warna, ketebalan daging, kelegitan semuanya ada di sini,” ujar Anton.

Karena banyaknya durian yang dikembangbiakkan, penamaan durian pun diberikan berdasarkan keunggulannya. Seperti kuning legit, manis pahit, dan yang lainnya.

Namun, desa wisata ini tetap mempunyai durian unggulan yang merupakan maskot Banjaroya, yaitu durian menoreh.

Bagi penggemar buah durian, durian menoreh sudah tidak asing lagi. Rasa dan teksturnya yang unik membuat durian ini menjadi durian unggulan nasional yang telah ditetapkan melalui SK Mentan No : 316/ KPTS/ SR.120/ 5/ 2007.

Namun, seiring perkembangan teknologi sendiri, durian menoreh kini memiliki beragam jenis lagi. Ada menoreh kuning dan menoreh legit.

Bagi anda yang penasaran ingin membuktikan kelezatan durian di Desa Wisata Banjaroya, bersiaplah menghadiri Festival Durian Banjaroya yang akan digelar sekitar Maret-April 2016. Berlokasi di Rest Area Pasar Bendo, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com