Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Titik-titik Pengamatan GMT di Maluku Utara

Kompas.com - 20/02/2016, 13:19 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku Utara memfokuskan pengamatan gerhana matahari total (GMT) di beberapa titik untuk para wisatawan. Jumlah titik pengamatan hampir mencapai 20 titik yang tersebar di Maluku Utara.

"Di Ternate sendiri ada 13 titik misalnya Benteng Kalamata, Taman Falajawa, belakang Mall Jatiland Ternate, Batu Angus, Keraton Sultan Ternate, Lapangan Ngaralamosalero," kata Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Promosi Maluku Utara, Kris saat dihubungi KompasTravel beberapa hari yang lalu dari Depok.

Selain tempat-tempat tersebut, Kris mengatakan terdapat beberapa titik lain di kecamatan Ternate Utara, Ternate Tengah, dan Selatan.

"Kita beri kesempatan wisatawan dan peneliti untuk melihat pengamatan gerhana lebih ke arah saintis. Masyarakat juga ada yang melakukan sholat gerhana di masjid," tambahnya.

Ia menambahkan selain di Ternate, Tidore pun juga memiliki enam titik pengamatan gerhana matahari total. Kris menyebutkan titik-titik pengamatan seperti Keraton Tidore dan Benteng Tahula.

"Kalau untuk Maba, di sana ada ilmuwan dalam negeri dari LAPAN dan luar negeri dari NASA," jelas Kris.

Di wilayah Indonesia timur, gerhana matahari total akan melintasi beberapa daerah. Data dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menyebutkan, daerah-daerah tersebut seperti Maba, Segea, Weda, Wasile, Lolobata, Jailolo, Soasiu, Pulau Makian, Malidi, Mafa, Kepulauan Kasiratua, dan Kao.

Gerhana Matahari Total 2016 akan melintasi 12 provinsi di Indonesia, seperti Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com