Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tradisi Mekotek di Hari Raya Kuningan

Kompas.com - 20/02/2016, 21:37 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Tradisi Mekotek dilakukan oleh masyarakat Desa Munggu, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali pada Hari Raya Kuningan yang jatuh setiap 210 hari.

Warga Desa Munggu mengaku bangga memiliki tradisi leluhur yang sudah menjadi ikon pariwisata yang ditunggu-tunggu setiap enam bulan sekali ini.

"Ya setiap Kuningan pasti digelar tradisi ini. Saya bangga jadi masyarakat di sini yang memiliki tradisi leluhur ini," kata Kadek Arta, warga Desa Munggu, Sabtu (20/2/2016).

Perayaan Kuningan yang jatuh pada 20 Februari 2016, warga Desa Munggu mempersiapkan peralatan batangan kayu yang akan dijadikan sarana "perang" kayu atau Mekotek sebagai tradisi leluhur.

Kayu sudah dalam kondisi kulitnya terkelupas dengan panjang antara 2 sampai 2,5 meter.

"Ya kayunya dibentur-benturkan. Kan bunyinya pasti tek.. tek.. tek. Ada yang naik juga jika kayunya disatukan," kata Made Adi.

Mekotek digelar pada sore hari. Walaupun Kota Denpasar sempat diguyur hujan, ternyata masyarakat di luar Desa Munggu tetap antusias menonton tradisi yang unik dan menarik ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com