Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indahnya Aliran Sungai Ini seperti Melewati Anak Tangga

Kompas.com - 01/03/2016, 14:21 WIB
Defriatno Neke

Penulis

ALIRAN sungai mengalir lembut di atas batu yang membentuk tingkatan seperti anak tangga. Pemandangan yang indah ketika air bening jatuh dari tingkatan yang pertama hingga tingkatan yang terakhir.

Batu di bawah aliran sungai ini secara alami seperti berbentuk tujuh anak tangga. Sungai ini berada di Desa Lawela Selatan, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara. Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari Kota Baubau.

Bagi masyarakat Desa Lawela Selatan, aliran sungai itu disebut sebagai permandian Kaburaburana. Akses masuk ke permandian ini sekitar 300 meter dari jalan desa. Jalan ini masih dalam bentuk pengerasan.

Menurut Hasima, warga Desa Busoa, Kecamatan Batauga, permandian ini banyak didatangi masyarakat. Bukan saja dari masyrakat sekitar, warga dari luar Buton Selatan pun juga datang rekreasi di permandian tersebut.

"Setiap Sabtu atau Minggu, permandian ini sering didatangi orang untuk rekreasi. Mata air sungai ini dari atas gunung, jaraknya ada sekitar 1 kilometer dari permandian ini," kata Hasima, Senin (29/2/2016).

Namun bila musim kemarau, air sungai ini akan menjadi sedikit bahkan kering sama sekali. Terlihat beberapa orang pengunjung mendatangi permandian Kaburaburana.

"Bagus sekali pemandangannya di sini. (Aliran) sungai di sini seperti anak tangga. Indah sekali, saya baru kali ini datang ke sini," kata seorang pengunjung asal Kota Baubau, Jeni Oktaviani (20).

Jeni datang berekreasi ke permandian Kaburaburana bersama beberapa orang temannya yang lain. Selain disuguhi tingkatan aliran sungai, permandian ini juga terdapat air jatuh dengan ketinggian sekitar 1,5 meter.

Selain itu, permandian juga dipenuhi dengan pepohonan hijau, hal ini menambah pesona di sekitar permandian tersebut. Saat ini pemerintah setempat berencana menjadikan permandian ini menjadi salah satu tempat wisata daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com