Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Punya Kereta Gantung Terpanjang di Dunia, Penumpang Dibawa ke Puncak Gunung

Kompas.com - 02/03/2016, 18:10 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

KOMPAS.com - Vietnam menjadi rumah bagi kereta gantung (cable car) terpanjang di dunia. Kereta gantung yang baru saja diresmikan tersebut tercatat di Guinness World Records.

Wahana tersebut dibuka untuk pengunjung pada awal Februari 2016 lalu. Lokasinya berada di atas sebuah gunung yang terkenal di provinsi Vietnam Utara, Lao Cai.

Kereta gantung Fansipan Sa Pa membawa wisatawan dari lembah Muong Hoa ke puncak setinggi 3.143 meter Gunung Fansipan, puncak tertinggi di Indochina.

Dengan panjang 6.282 meter, Fansipan Sa Pa telah diakui oleh Guinness Book of World Records rute kereta gantung berkabel tiga terpanjang di dunia.

Sertifikat pemecahan rekor Guinness World Records diserahkan kepada pengembang kereta gantung tersebut yaitu Sun Group, saat acara peresmian pada hari Selasa (2/2/2016).

http://tuoitrenews.vn Kereta gantung Fansipan Sa Pa
Fansipan adalah salah satu gunung yang paling ingin ditaklukan oleh turis dan pendaki di Vietnam.

Pendaki biasanya perlu waktu dua hari untuk menyeberangi rute menantang mencapai puncak Fansipan. Namun kini semua orang sekarang bisa menjangkau puncak yang dikenal sebagai "Atap Indochina" dalam waktu 15 menit berkat kereta gantung itu.

Setiap gondola mampu membawa 30 sampai 35 penumpang. Secara total, seluruh rangkaian kereta gantung dapat mengangkut hingga 2.000 wisatawan per jam.

Wahana ini tahan terhadap cuaca ekstrim di provinsi pegunungan utara. Pengembang pun yakin bahwa setiap orang termasuk anak-anak dan orang tua, sekarang dapat mengeksplorasi puncak Fansipan.

Sejak proyek ini dibangun pada November 2013, kontroversi telah mengemuka. Beberapa orang berpendapat proyek tersebut bisa merusak keindahan alami kawasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com