Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Jajanan di Pusat Kuliner Tertua di Balikpapan

Kompas.com - 03/03/2016, 23:02 WIB
KOMPAS.com - Bisnis kuliner di Kota Balikpapan makin terus berkembang. Bak jamur tumbuh di musim hujan. Pada malam hari, kawasan kuliner pun muncul di mana-mana.

Namun, ada satu kawasan kuliner yang bisa dibilang pioner di Kota Balikpapan, yakni kawasan kuliner Klandasan yang berada di Jalan Tanjung Pura, samping Kantor Pos, Klandasan.

Warga Balikpapan biasa menyebutnya sebagai kawasan kuliner samping kantor Pos. Tidak ada tahu sejarah pasti nama kawasan PKL tersebut. Beberapa ada yang bilang tempat tersebut kuliner Tanjungpura karena dekat asrama TNI Kodam VI Tanjungpura.

Ada yang lain bilang tempat wisata kuliner kantor pos. Dulunya para pedagang berjualan di depan kantor pos yang sekarang menjadi tempat parkir.

Kemudian pedagang dipindah karena tempat yang biasa dijadikan mangkal dibangun tempat parkir. Pemkot Balikpapan sekitar tahun 1980-an memindah para pedagang ke samping kanan kantor Pos tersebut.

"Dulunya ibu mertua saya jualan di depan kantor pos bersama pedagang lain. Dulu katanya berjualan masih menggunakan rombong. Lalu dipindah di sebelahnya berjualan sampai sekarang," kata Masdawiyah, pengelola Warung Ikan Bakar Banjar yang berada di tikungan.

Beberapa warung makan memang sengaja buka siang hari. Namun, tak sedikit pedagang mulai membuka warung pukul 5 sore. Mayoritas pedagang yang berjualan di area ini aneka bakaran. seperti ikan bakar, ayam bakar dan aneka soto.

Untuk akses ke tempat sangatlah mudah. Jika Anda naik taksi cukup bilang ke supir ke tempat wisata kuliner dekat kantor pos. Anda langsung diantarkan ke tempat tersebut.

Angkutan kota yang melintas nomor 6 dan 3. Apakah buka pagi hari? Beberapa pedagang ada yang buka mulai pukul 8 pagi. Biasanya tempat ini akan sepi dan tutup pukul 12 malam. (Tribun Kaltim/M12)

Artikel ini tayang di TribunTravel pada Sabtu (20/2/2016) berjudul "Makanan Enak-enak di Pusat Kuliner Tertua di Balikpapan, Samping Kantor Pos Klandasan"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com