Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandeng Kedai Panorama, Sambalnya Luar Biasa...

Kompas.com - 04/03/2016, 02:33 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Untuk penggemar bandeng wajib mengunjungi Kedai Panorama di Jalan Mawar no 18 Banyuwangi, Jawa Timur.

Pasalnya, di kedai ini tersedia menu bandeng spesial yang gurih dengan pilihan beragam jenis sambel yaitu sambal tempongan, sambal ijo, sambel kedondong, dan sambal mangga.

Anda tidak perlu takut tersedak karena duri bandengnya lunak dan bisa langsung disantap bersama dengan sepiring nasi hangat dan lalapan lengkap dengan pete dan juga tempe.

(BACA: Bakso Untung Banyuwangi, Gurihnya Tetap Bertahan sampai Saat Ini)

Jika suka bandeng yang crispi, anda bisa meminta agar ikan bandengnya dibelah lalu digoreng garing. Dicocolkan dengan sambel pilihan benar-benar membuat lidah anda bergoyang.

Menurut Muhammad Yasin Soepardi, pemilik Kedai Panorama kepada KompasTravel, Kamis (3/3/2016), bandeng yang ada di kedainya merupakan bandeng pilihan yang dibesarkan oleh peternak Bandeng di Banyuwangi.

(BACA: Heerlijk Osing Cafe, Kantor Pos Sekaligus Tempat Nongkrong)

Namun tempat yang dipilih lebih dekat dengan laut sehingga bandeng tidak berbau lumpur seperti bandeng yang lain. "Setiap hari mereka suplai ke sini jadi bandengnya masih fresh," kata Yasin.

Termasuk sambalnya baru dibuat jika ada pesanan sehingga rasanya segar. Menurut Yasin, sambal favorit yang banyak memesan adalah sambel kedondong dan sambal ijo. "Mau pesan beberapa dua jenis sambal sekaligus juga diperbolehkan," katanya.

Nah selain bandeng, kedai ini juga menyediakan udang windu segar yang didapatkan langsung dari tambak. Bentuknya tidak terlalu besar tapi rasanya manis serta gurih dan digoreng langsung bersama kulitnya.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Pengunjung Kedai Panorama di Banyuwangi, Jawa Timur, sedang menikmati menu bandeng.
Untuk minumnya anda bisa memilih Vietnamese Iced Coffee, yaitu kopi dengan campuran susu manis dan es mampu menyeimbangkan rasa pedasnya sambal.

Kedai Panorama buka mulai jam 10 pagi. Yasin menyarankan jika yang datang keluarga dan rombongan disarankan menghubungi pihaknya lebih dahulu agar saat tiba tidak perlu menunggu pesanan terlalu lama.

"Jadi tinggal sms atau telepon berapa orang dan jam berapa datangnya biar disediakan dulu. Kalau tutupnya malam sekitar jam 8 kalau sudah habis tapi karena di rumah sendiri ya bisa sesuka hati lah. Bahkan pernah sampai jam 11 malam karena banyak yang nongkrong di sini," ujar Yasin sambil tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com