Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelayanan dan Tepat Waktu, Ini Dia Maskapai Terbaik di Dunia

Kompas.com - 06/03/2016, 17:10 WIB
KOMPAS.com - Qatar Airways, KLM, dan Air Baltic, dianugerahi predikat maskapai penerbangan terbaik di dunia. Maskapai-maskapai ini menempati tiga besar dari daftar 34 peringkat di antara maskapai-maskapai besar dunia.

Survei ini dilakukan AirHelp yang melakukan peringkat berdasarkan ketepatan waktu, pelayanan, dan bagaimana cara maskapai menangani keluhan pelanggan akibat penundaan maupun kehilangan bagasi.

Berdasarkan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan, Air Baltic yang berbasis di Latvia, menjadi maskapai penerbangan terbaik yang mencatat hanya 6 persen dari jadwal penerbangannya yang gagal tiba tepat waktu.

Sedangkan Wizz Air dan Finnair berada di peringkat selanjutnya dalam hal ketepatan waktu. Berikutnya prestasi ketepatan waktu juga diraih Qatar Airways, KLM, dan Ryanair (maskapai berbiaya murah dari Irlandia).

Penilaian lainnya berupa pelayanan, tak hanya saat di atas pesawat, namun juga pelayanan saat masih di bandara. Pemenang di kategori ini adalah Qatar Airways.

Selain itu, ada pula penilaian berdasarkan kepiawaian dalam menangani masalah mulai dari menanggapi keluhan, berapa lama penanganan keluhan tersebut, sampai berapa lama kompesasi dibayarkan.

Dalam hal ini, maskapai penerbangan paling handal dan berada di peringkat empat besar adalah Croatia Air, Wow Air, Air Baltic, dan Icelandair

Namun, jika selurug kategori penilaian ini dinilai secara keseluruhan, maka pemenangnya adalah Qatar Airways yang berada di peringkat pertama. Peringkat selanjutnya adalah KLM, Air Baltic, Air France, dan Lufthansa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com