Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2016, 19:04 WIB
KOMPAS.com - Selalu ada yang pertama untuk semua hal, begitu pula pendakian. Jika Anda tinggal di Jakarta dan sekitarnya dan berencana mendaki gunung untuk pertama kali, Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan (mdpl) bisa ditempatkan dalam daftar gunung sebagai gunung pertama yang akan didaki.

Pendaki dari Jawa Barat dan Jakarta bisa mengunjunginya pada akhir pekan mengingat jalur pendakian yang tak terlalu panjang dan tak memakan waktu yang lama. Berikut panduan lengkap wisata Gunung Papandayan.

Mengapa Papandayan cocok untuk pemula?

Selain medannya yang cenderung landai, pendaki juga mudah mendapatkan air. Air yang tersedia berasal dari mata air Gunung Papandayan. Pendaki bisa mengisi air dari titik-titik persediaan air bersih yang terus mengalir.

Selain itu ada tiga alasan lainnya mengapa gunung ini cocok untuk pendaki pemula. Selengkapnya di "Ini 5 Alasan Gunung Papandayan Cocok untuk Pendaki Pemula".

Makanan dan barang keperluan lainnya.

Makanan adalah hal yang perlu disiapkan ketika mendaki gunung. Jika ingin mendaki Gunung Papandayan, pendaki bisa membeli bahan makanan di Pasar Cisurupan maupun toko serba ada di dekat pasar.

Usahakan untuk tetap membeli lauk pauk bergizi untuk modal energi pendakian walaupun di pos-pos pendakian terdapat warung yang menawarkan makanan. Di warung-warung tersebut, hanya menyediakan makanan-makanan ringan seperti mie instan, kopi, teh, dan juga gorengan. Selengkapnya di "Mau Mendaki Gunung Papandayan? Baca Tips Ini Dulu...".

Menuju Gunung Papandayan

Gunung Papandayan sendiri terletak Kabupaten Garut, Jawa Barat. Perjalanan menuju Gunung Papandayan dari Kota Jakarta menempuh waktu sekitar 4-6 jam.

Salah satu cara menuju Gunung Papandayan melalui Terminal Bus Primajasa di Cililitan, Jakarta Timur. Bus menuju Terminal Guntur Garut berangkat pada pukul 22.00 WIB. Selengkapnya di "Panduan Transportasi Menuju Gunung Papandayan".

Jalur pendakian

Pendakian dimulai dari titik awal pendakian yakni di Camp David. Camp David disebut juga Pos 1 oleh pendaki setelah dilakukan pengecekan kelengkapan administrasi oleh relawan-relawan dari sekitar Gunung Papandayan, di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dari Pos Camp David, pendakian akan dimulai dengan medan dengan batuan belerang dan beku. Sekitar lima menit melewati medan yang berbatu dan di kanan kiri pepohonan, pendaki akan langsung memasuki medan yang terbuka dan bisa melihat aktivitas kawah-kawah Gunung Papandayan.

Perjalanan menuju titik peristirahatan di Pos Puncak Kawah akan menempuh sekitar 30 menit di tengah medan yang tak terlindungi oleh pepohonan. Rute perjalanan berikutnya adalah "Serunya Mendaki Gunung Papandayan..."

Wahyu Adityo Prodjo / KOMPAS.com Pendaki berkemah di Pos Pendakian Gubber Hood Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, Minggu (21/2/2016) pagi. Pos Gubber Hood bisa menjadi alternatif kemah pendaki jika Pos Pondok Salada penuh.
Berkemah di mana?

Pos pendakian Gubber Hood bisa menjadi alternatif berkemah saat mendaki Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Biasanya, pendaki berkemah di Pos Pondok Salada.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com