Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GMT di Belitung, Wisatawan Mulai Berdatangan

Kompas.com - 07/03/2016, 17:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com - Sejumlah wisatawan mulai berdatangan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk menyaksikan fenomena langka gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang.

Wisatawan, terutama wisatawan nusantara (wisnus), datang secara berkelompok untuk menikmati gerhana matahari total sambil berwisata di Belitung. Salah satu wisatawan asal Jakarta, Ira Sunarti (34) mengatakan datang ke Belitung bersama rombongan berjumlah 25 orang. Ia juga telah menyiapkan perlengkapan untuk melihat GMT yakni kacamata pelindung.

"Saya belum pernah lihat gerhana matahari jadi mau tahu. Kalau mau ada peristiwa langka, saya sudah tahu. Jadi ini salah satu tujuan kami ke Belitung untuk lihat gerhana matahari," kata Ira saat ditemui KompasTravel di Mie Belitung Atep, Tanjung Pandan, Belitung, Senin (7/3/2016).

Ia mengatakan, mendapatkan informasi tentang adanya momen gerhana matahari total dari agen perjalanan yang menyertai kedatangan mereka. Ia pun bersama teman-temannya mengaku telah bersiap untuk melihat gerhana matahari total.

"Kita sudah lihat video-video tentang gerhana. Jadi sudah ada bayangan saat gerhana matahari itu seperti apa," ungkap Ira.

Selain Ira, kedatangan wisatawan akan bertambah lagi besok, Selasa (8/3/2016). Misalnya wisatawan yang dibawa agen perjalanan Dwidayatour. Seperti diungkapkan Public Relations Dwidayatour Yulia Rachmawati (24), sebanyak 22 orang wisatawan akan datang untuk melihat Gerhana Matahari Total.

"Wisatawan yang ikut paket gerhana matahari sampai besok pagi. Nanti kita lihatnya di Tanjung Tinggi," kata Yulia kepada KompasTravel di sela-sela Dwidayatour Media Trip - Gerhana Matahari Total Belitung, di Tanjung Pandan, Belitung, Senin (7/3/2016).

Secara keseluruhan, Tanjung Pandan mulai tampak diramaikan wisatawan yang datang untuk melihat gerhana matahari total. Lurah Parit di Kecamatan Tanjung Pandan, Budi Swasta menyebutkan wisatawan telah mulai berdatangan sejak kemarin, Minggu (6/3/2016).

"Wisatawan mancanegara dan nusantara sudah datang sejak hari ini. Saya dapat informasi hotel-hotel di wilayah kelurahan saya sudah penuh," kata Budi saat ditemui wartawan di Tanjung Pandan.

Gerhana matahari di Belitung Timur akan dimulai pada pukul 06.21 WIB, mencapai titik puncak gerhana pada pukul 07.23 WIB, dan berakhir pada 08.35 WIB. Selain Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, gerhana matahari total juga melintasi 11 provinsi lain di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com