Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Asing Mulai Berdatangan di Ternate untuk Saksikan GMT

Kompas.com - 08/03/2016, 00:00 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Hingga Senin (7/3/2016) sore tadi, tercatat sudah 924 wisatawan mancanegara yang tiba di Ternate, Maluku Utara, dalam rangka menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016.

Data yang dihimpun Kompas.com di media center, dari 924 wisatawan mancanegara tersebut masih didominasi turis dari negara-negara Eropa, di antaranya Spanyol dan Inggris.

“Data yang kami himpun hingga pukul 18.00 WIT hari ini, sudah sekitar 924 turis mancanegara yang ada,” kata Kabag Humas dan Protokoler Pemda Kota Ternate, Sutopo Abdullah.

Sutupo juga memastikan kedatangan puluhan kapal layar atau ke Ternate, hanya saja hingga kini belum mendapatkan konfirmasi kapan mereka akan tiba di Ternate.

KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN Dua turis mancanegara yang menyaksikan opening ceremonial Ternate solar eclipse, Minggu (6/3/2016) malam
“Kapalnya sudah berlayar dari Jakarta, Bali, Lombok, dan Raja Ampat menuju Ternate,” kata Sutopo lagi.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan GMT Tauhid Soleman menambahkan ada penerbangan tambahan pesawat yang membawa turis mancanegara dari Bali langsung Ternate. Sebanyak 124 wisatawan asal Inggris tersebut tiba pagi tadi di Bandara Babullah Ternate.

“Ada sekitar 2.139 turis yang akan datang menyaksikan gerhana matahari total dan sebagian dari mereka sudah ada di Kabupaten Halmahera Timur,” kata Tauhid.

“Tujuan kegiatan ini ada dua hal, pertama membangkitkan atau mempromosikan wisata di Ternate dan Maluku Utara pada umumnya serta kedua memperkenalkan produk hasil kerajinan kecil dan menengah di Maluku Utara pada umumnya,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com