Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaring Turis Eropa di Rotterdam

Kompas.com - 09/03/2016, 05:07 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - The Wonderful Indonesia Expo 2016, yang merupakan rangkaian acara dari business meeting and exhibition akan diselenggrakan tanggal 8 hingga 10 September 2016 di Rotterdam, Belanda. Acara ini mempertemukan berbagai stakeholder pariwisata Indonesia dan Eropa sehingga dapat membuat paket-paket perjalanan wisata ke Indonesia.

Zaidin A. Zaiti, Staf Ahli Bidang Pengebangan Kerja sama dan Promosi Potensi Daerah APKASI, mengatakan bahwa pasar Eropa memiliki potensi 70 juta wisatawan yang tiap tahunnya tersebar ke berbagai negara di dunia. Sementara itu, Eropa memiliki lebih dari 10.000 perusahaan penyedia jasa wisata yang bisa mempromosikan destinasi Indonesia.

“Konsepnya sudah matang dan dalam tahapan membuka pendaftaran bagi pemerintah daerah yang ingin promosi ke sana. Beberapa wilayah sudah pasti ikut, tapi banyak juga yang belum, mungkin karena sedang mengalokasikan dana tahun ini,” ujar Zaidin yang juga merupakan Direktur Utama Penyelenggara acara tersebut, saat diwawancarai KompasTravel, Senin (7/3/2016).

Menurutnya ini merupakan konsep promosi pariwisata yang pertama kali di Indonesia, dengan membuka pasar khusus Eropa dan melibatkan langsung agen-agen perjalanan di Eropa. 

“Selama ini kita, atau pemerintah pusat maupun daerah mengikuti berbagai pameran di luar yang diselenggarakan oleh orang lain. Namun, kini berbeda, dengan membuat komunitas pasar sendiri khusus Indonesia dimana pembelinya langsung perusahaan travel agent di Eropa,” ujarnya.

Kegiatan yang difasilitasi dan didukung oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian dan BKPM ini diikuti oleh berbagai sektor dinas pariwisataSelain itu juga turut mengikutsertakan perusahaan-perusahaan pengelola obyek wisata, dan jasa penunjang pariwisata.

Acara akan dilaksanakan di World Trade Center, Rotterdam, Belanda serta diikuti 51 negara Eropa, termasuk Italia, Jerman, Spanol dan Turki. Target peserta sebanyak 10.625 pengunjung, termasuk travel agent Eropa yang datang.

Zaidin menuturkan setelah di Belanda, The Wonderful Indonesia Expo akan coba diadakan di Dubai, Timur Tengah, dan Shanghai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com